Cucun Minta Pemda Lebih Sigap Atasi Kekeringan Ancam Lahan Petani

oleh -157 Dilihat
oleh
Anggota DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal

Kab. Bandung | Kontroversinews.-Anggota DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal meminta pemerintah daerah lebih sigap dalam menangani permasalahan kekeringan memasuki musim kemarau yang saat ini mulai mengancam lahan pertanian.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan bila saat ini dampak kekeringan akibat cuaca sudah melanda termasuk di daerah pemilihannya diwilayah Kabupaten Bandung sehingga perlu segera disikapi.

“Bayangkan (nasib) petani sekarang ini yang tinggal menunggu satu bulan lagi jelang masa panen sangat membutuhkan debit air. Makanya pemerintah harus segera turun,” ujarnya di Kecamatan Pacet, Selasa (31/7) Kemarin.

Cucun juga mengaku heran dengan sikap Pemkab yang menilai petani ngeyel lantaran melaporkan masalah pertanian langsung kepadanya. Padahal wajar bila konstituen berharap bantuan dari para wakil rakyatnya.

“Jangan petani dibilang ngeyel kalau mereka langsung melapor ke saya sebagai wakil rakyatnya. (Pemkab) kerja dong sama digaji oleh rakyat. Instansi terkait dalam hal ini dinas pertanian harusnya proaktif,” tegasnya.

Cucun menambahkan, secara alur birokrasi memang idealnya para petani melapor ke pemerintah setempat lalu memberikan data resmi kepada legislatif terkait masalah pertanian termasuk kendala yang dihadapi.

“Kalau dinas merasa penanganannya tak mampu dari APBD seperti untuk kekeringan sehingga perlu dari pusat bilang. Mereka (dinas) marah karena keluhan dari petani kami langsung lapor ke menteri,” katanya.

Menurut Kang Cucun (begitu sapaannya) kekeringan merupakan siklus alam yang selalu terulang sehingga sudah sejatinya pemerintah memiliki langkah antisipasi baik sebelum atau saat masalah itu melanda. (Lily Setiadarma) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *