Cara Mudah Mengendalikan Kolesterol Tinggi

Olahraga Ilustrasi

JAKARTA Kontroversinews.com Kolesterol terbagi menjadi dua, yakni kolesterol baik atau yang biasa disebut sebagai High Density Lipoprotein (HDL), dan kolesterol jahat alias si Low Density Lipoprotein (LDL).

Sembuh dari kolesterol dapat diupayakan dengan mengurangi atau menghindari pemicu naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Berikut cara menurunkan kadar kolesterol, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Bawang Putih

Beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan darah kadar kolesterol total oleh beberapa persen, tapi hanya dalam jangka pendek. Sebaliknya, jangan mengonsumsi bawang putih menjelang operasi atau dengan obat pengencer darah seperti Coumadin. Sebab bawang putih dapat memperpanjang waktu pendarahan dan pembekuan darah.

2. Asam Lemak Omega-3

Mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan menurunkan trigliserida. Usahakan setidaknya dua porsi ikan berlemak seperti salmon, mackerel, herring, tuna, dan sarden per minggu. Beberapa makanan lain dengan asam lemak omega-3 adalah biji rami dan kenari. Sumber suplemen termasuk kapsul minyak ikan, biji rami, dan minyak biji rami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *