Cara Mudah Menanam Bonsai untuk Pemula

oleh -0 views
Bonsai. (PIXABAY)

JAKARTA (Kontroversinews.com) – Kebanyakan orang membeli bonsai saat sudah jadi dan sudah berbentuk bonsai. Padahal, membentuk dan merawat bonsai adalah hal yang mengasyikkan untuk dilakukan.

Bonsai adalah seni yang telah dipelajari dan disempurnakan selama berabad-abad, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan sendiri di rumah.

Dengan sedikit panduan, sangat mungkin mampu menumbuhkan pohon bonsai sendiri. Pastikan kamu memilih spesies pohon yang sesuai dengan iklim di daerahmu dan berpegang pada pedoman perawatan dasar untuk tanaman bonsai.

Mengutip dari kompas, berikut adalah beberapa tips untuk pemula yang baru ingin menanam bonsai di rumah, seperti dilansir dari laman Bonsai Empire, Minggu (4/4/2021).

1. Menanam dan membudidayakan pohon

Langkah pertama adalah mencari tahu spesies pohon mana yang sesuai dengan kebutuhan, iklim, dan keadaan lingkunganmu. Apakah kamu lebih suka menyimpan pohon di dalam ruangan atau di luar ruangan akan berdampak besar pada pilihan. Menanam bonsai di dalam ruangan membatasi pilihanmu pada pohon subtropis yang dapat bertahan hidup di dalam ruangan. Sedangkan menanam bonsai di luar ruangan memberimu lebih banyak pilihan untuk dipilih.

Sebagian besar pohon non-tropis sangat cocok untuk tumbuh di luar ruangan, asalkan terlindung dari sinar matahari yang intens atau suhu yang terlalu dingin. Selanjutnya, kamu bisa membeli pohon yang ingin kamu bonsai di toko online atau di toko tanaman. Kamu dapat memilih dari berbagai jenis pohon yang datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi harganya mahal, terutama yang lebih tua.

Namun, agar lebih murah, belilah tanaman yang belum dibonsai atua masih dalam bentuk bibit. Metode yang lebih murah dan sangat lambat adalah menanam pohon Anda sendiri dengan menggunakan biji atau stek. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-5 tahun sebelum pohon muda dapat ditata.

2. Teknik pembentukan dan penataan

Sekarang setelah kamu membeli atau membudidayakan pohon, mari mulai membentuk dan menatanya. Ini adalah bagian yang kreatif dan menyenangkan dalam menumbuhkan Bonsai, tetapi juga merupakan bagian yang paling menantang. Meskipun membutuhkan waktu puluhan tahun untuk menguasai dan menyempurnakan teknik seperti pemangkasan dan perkabelan untuk menjaga pohon tetap miniatur, beberapa dasar dapat dipelajari dengan mudah. Kamu bisa memulai dengan dasar-dasar pemangkasan dan pengikatan, tetapi pastikan untuk membaca bagian “gaya” untuk informasi yang lebih detail.

Bonsai bukanlah perlombaan, juga bukan tujuan. Ini adalah perjalanan yang tidak pernah berakhir. Mari kita mulai dengan satu teknik terpenting untuk Bonsai, pemangkasan. Pemangkasan adalah praktik penting yang digunakan untuk membentuk pohon dan menjadikannya miniatur. Tujuannya adalah untuk membuat bonsai yang secara akurat mereplikasi versi miniatur pohon skala penuh di lingkungan alaminya. Pastikan untuk membeli pemotong berbentuk cekung yang bagus saat memangkas cabang yang tebal. Pemotong yang cekung akan menciptakan lebih banyak luka berlubang yang sembuh jauh lebih baik daripada yang dibuat oleh pemotong standar.***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *