Bom Bunuh Diri Bandara Kabul Afghanistan, Begini Kronologinya

oleh -2 views

Kontroversinews.com – Bom bunuh diri di Bandara Internasional Hamid Karzai, Afghanistan, pada Kamis (26/8).  Bom bunuh diri terjadi sekitar Kamis malam yang terdiri dari dua ledakan. Ledakan pertama terjadi di Abbey Gate, satu gerbang utama masuk bandara yang selama ini menjadi tempat menampung pengungsi Afghanistan. Sementara itu, ledakan kedua terjadi di dekat Baron Hotel yang tak jauh dari Abbey Gate.

Dua pengebom bunuh diri dilaporkan meledakkan diri sambil mendekati kerumunan orang di salah satu gerbang bandara.

Dikutip Reuters, sejumlah video jurnalis lokal yang beredar memperlihatkan puluhan jasad tergeletak di gerbang bandara. Beberapa terpental ke dekat pagar bandara.

Sejumlah orang yang selamat mengungkapkan kengerian ledakan dan berupaya mencari kerabatnya yang ikut berada di lokasi kejadian.

“Saya melihat bagian tubuh orang tua, pria wanita, dan anak-anak terluka, tercerai-berai, saluran drainase berubah menjadi aliran darah,” paparnya menambahkan.

Bom bunuh diri ini terjadi beberapa hari jelang tenggat waktu penarikan pasukan Amerika Serikat seluruhnya dari Afghanistan.

Presiden AS Joe Biden mengutuk serangan di Bandara Kabul itu. Ia juga telah memerintahkan komandan militer AS mengembangkan rencana operasional untuk menyerang ISIS-K, afiliasi kelompok ISIS di Pakistan dan Afghanistan, yang diklaim bertanggung jawab atas insiden tersebut.***AS

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *