Bikin Rileks, Ini 4 Minuman Sehat dan Tidur Lebih Nyenyak

Teh Herbar

Kontroversinews.com Makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur ternyata dapat berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Misalnya, meminum sejumlah minuman sehat yang memiliki efek yang menenangkan.

Berikut minuman sehat yang bisa buat rileks dan mudah tidur:
1. Teh herbal
Dikutip dari Health, teh herbal memberi sensasi yang menenangkan. Teh tulsi atau teh basil dapat menurunkan kadar kortisol dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Teh lainnya seperti teh kamomil juga dapat diminum sebelum tidur

2. Smoothie pisang dan almond
Pisang adalah makanan yang mengandung magnesium, triptofan, dan melatonin. Dikutip dari Healthline, buah ini juga tinggi potasium. Dengan menggabungkan pisang dan susu almond menjadi smoothie, Anda bisa mendapatkan triptofan dan melatonin kuat yang dapat membantu mengurangi gejala insomnia.

3. Kunyit latte
Jika Anda tidak bisa mengonsumsi susu biasa karena alergi laktosa, kunyit latte bisa jadi jawabannya. Pilih susu nabati sebagai bahan dasar seperti susu almond, jambu mete, atau susu gandum. Lalu tambahkan dengan satu sendok teh kunyit. Aduk rata, beri madu dan taburi dengan pala bubuk, cengkeh, atau kayu manis di atasnya.

Kombinasi ini mengandung anti-inflamasi dan efek yang menenangkan pada tubuh.

4. Jus ceri
Sebuah studi menganalisis campuran jus ceri asam dengan peningkatan tidur yang signifikan secara statistik. Hasilnya, para peserta menunjukkan pengurangan keparahan insomnia.

Dikutip dari Medical News Today, studi lainnya juga menemukan jus ceri meningkatkan waktu tidur dan efisiensi tidur. Para peneliti mengatakan jus ceri meningkatkan triptofan dalam tubuh yang membuat tidur lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *