Berita Duka, Suami Ratu Elizabeth Meninggal Dunia

oleh -4 views
Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip (Dok.Instagram/@kensingtonroyal)

INGGRIS (Kontroversinews.com) – Berita duka datang dari Kerajaan Inggris. Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth meninggal di usia 99 tahun.

Duke of Edinburgh meninggal di Kastil Windsor, kurang lebih tiga minggu setelah dia keluar dari rumah sakit London untuk perawatan infeksi dan menjalani prosedur jantung.

Penyebab meninggalnya belum diungkapkan. Demikian seperti dilansir dari Sydney Morning Herald.

Seorang mantan perwira angkatan laut yang terkenal karena tingkah laku dan humornya yang terkadang kasar, sang duke menikah dengan keluarga kerajaan pada tahun 1947, lima tahun sebelum Ratu naik tahta. Dia adalah permaisuri terlama dari raja pemimpin Inggris mana pun.

Keluarga kerajaan sedang bersiap untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-100 pada 10 Juni.

Dia meninggalkan Ratu dan anak-anak mereka Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward. Dia memiliki delapan cucu dan 10 cicit.

Philip dirawat di rumah sakit pada 17 Februari setelah sakit di Kastil Windsor, tempat dia dan Ratu berlindung selama pandemi virus corona.

Pejabat istana mengatakan pada saat itu bahwa Duke bisa masuk ke rumah sakit dan dirawat karena sangat berhati-hati.

Dia dipulangkan pada 16 Maret setelah tinggal selama empat minggu yang mencakup prosedur jantung dan perawatan untuk infeksi yang tidak disebutkan namanya, yang tidak terkait dengan virus corona.

Dia dibawa ke mobil yang menunggu di kursi roda dan kembali ke Kastil Windsor, kediaman kerajaan di barat London, melambai kepada orang-orang di luar saat dia tiba.

Duke, yang pensiun dari tugas publik pada 2017, terakhir terlihat di depan umum di kastil pada Juli 2020. Dia juga difoto dengan Ratu pada November tahun lalu untuk menandai ulang tahun pernikahan ke-73 pasangan itu.

Kematiannya memicu operasi peringatan dan pemakaman yang diberi nama sandi Forth Bridge, yang sesuai dengan permintaan almarhum duke untuk sedikit “keributan”.

Rencana tersebut diubah selama beberapa bulan terakhir untuk beradaptasi dengan pandemi.

Pemakaman kemungkinan akan digelar dalam delapan hari. Sehari sebelum pemakaman, Duke akan diangkut ke Kapel St George.

Ada kemungkinan bahwa dia akan ditempatkan sementara di Royal Vault di bawah Kapel, dan akhirnya akan bergabung dengan Ratu di Kapel Memorial George VI setelah kematiannya.

Menutip dari Suara.com, selama kunjungan ke Runnymede Air Forces Memorial awal bulan ini untuk memperingati 100 tahun Angkatan Udara Australia, Ratu mengatakan kepada komisaris tinggi Australia George Brandis bahwa dia telah merenungkan seratus tahun mengingat ulang tahun ke-100 Philip yang akan datang pada bulan Juni.***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *