Beragam Manfaat Buah Durian Untuh Tubuh Manusia

oleh -1 views
Manfaat Buah Durian. (Shutterstock)

BANDUNG (kontroversinews.com) –┬áTidak hanya nikmat dimakan, buah durian ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk tubuh manusia. Lantas, apa saja khasiat dari raja buah ini? Berikut deretannya, seperti dirangkum dari laman Stylecraze, Senin (5/4/2021).

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah durian memiliki serat yang dapat memperlancar buang air besar. Serat dalam buah durian juga merangsang gerak peristaltik yang dapat meringankan proses pencernaan di usus. Ini juga membantu mengobati masalah seperti perut kembung berlebih, mulas, dan kram.

2. Dapat membantu mencegah penyakit jantung

Kandungan yang ada dalam buah durian dapat mengatur enzim inflamasi dan mengurangi risiko penyakit jantung atau istilah medis disebut kardiovaskular. Dalam sebuah penelitian dikemukakan bahwa buah durian merupakan makanan yang ramah jantung dengan kandungan serat yang tinggi.

3. Menjaga tekanan darah

Durian memiliki kandungan kalium yang baik untuk membantu menjaga keseimbangan antara cairan dan garam dalam sel-sel tubuh. Mineral tersebut dapat membantu mengurangi stres pada pembuluh darah dan menurunkan risiko serangan jantung atau stroke.

4. Mengatasi penuaan dini

Durian merupakan buah yang kaya vitamin C. Ini merupakan antioksidan kuat untuk mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Makin rendah tingkat stres oksidatif, makin lambat proses penuaan. Misalnya, mengurangi tanda-tanda garis halus pada kulit, kerutan, atau bercak penuaan.

5. Mengurangi risiko kanker

Kandungan durian yang diperkaya dengan antioksidan inilah yang dapat mengurangi risiko kanker. Buah ini mengandung polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan kanker dan bahkan membunuh sel kanker.

6. Menjaga kesehatan tulang

Mengutip dari Okezone, durian diperkaya kandungan potasium dan magnesium. Kedua mineral ini berkontribusi pada kesehatan tulang. Kandungan kalium yang tinggi pada durian dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pada pria dan wanita di atas usia 50 tahun. Penelitian juga menunjukkan bahwa kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

7. Membantu anti-depresan alami

Durian dapat membantu meredakan gejala depresi, kecemasan, dan stres. Durian dapat meningkatkan produksi serotonin. Sebuah studi menunjukkan bahwa kadar serotonin yang rendah dapat memperburuk depresi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *