BBKN: Bahaya! Dari teman toxic, pacaran toxic, sampai ke pernikahan toxic

oleh -2 views
Ilustrasi Pacaran Toxic

BANDUNG (Kontroversinews.com) – Pernikahan yang bahagia merupakan impian hampir dari setiap manusia. Sayangnya, tidak semua pasangan berhasil mewujudkan pernikahan yang bahagia. Hal ini ditunjukkan dari tingginya angka perceraian yang terjadi di Indonesia.Oleh karena itu sangat penting bagi para jomblo dalam memilih pasangan agar tidak mengalami perceraian.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dokter Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) mengatakan, terdapat 97.615 kasus perceraian akibat rumah tangga yang tidak harmonis, 74.559 akibat faktor ekonomi, 9.338 akibat kecemburuan, 81.266 kasus tidak bertanggung jawab, serta 25.310 akibat pihak ketiga.

“Sekitar 70% perempuan mengajukan perceraian. Dan grafiknya terus bertumbuh hingga 2018,” ujar Kepala BKKBN belum lama ini.

Karenanya, Kepala BKKBN pun mengingatkan para muda-mudi (jomblo) agar berhati-hati dalam memilih teman (pacar) atau calon jodoh. Umumnya, kehidupan asmara menjadi tidak harmonis jika Anda berhubungan dengan orang toxic atau beracun.

“Dari teman toxic, kemudian berlanjut ke pacaran toxic, sampai ke pernikahan toxic, inilah yang berbahaya,” ujarnya.

Kepala BKKBN pun memberikan ciri-ciri toxic people alias orang yang beracun. Umumnya, mereka sering melakukan ghosting (orang yang menghilang secara tiba-tiba tanpa penjelasan), selalu mengkritik, menghasut, serta tidak bisa berempati.

Sebagaimana yang telah dilansir dari Okezone, Kepala BKKBN membeberkan 6 tipe toxic people yang harus dihindari. Yang pertama adalah The Narcissist, yakni mereka yang hanya peduli dengan dirinya sendiri. Orang dengan tipe ini biasanya memiliki tipe empati yang rendah, serta merasa dirinya lebih baik dari orang disekitarnya.

Kemudian adalah The Controller. Disini, mereka akan berusaha mengendalikan apapun di sekitarnya, termasuk Anda. Mereka selalu ingin mengambil keputusan dan membuat diri Anda merasa seperti tidak bisa melakukan apapun dengan benar.

Yang ketiga adalah tipe The Drama Magnet. Ini merupakan sumber gosip dan drama. Ratu drama atau drama king juga akan membuat Anda merasa tidak nyaman, sehingga mempertahankan hubungan pun akan terasa sulit.

Keempat adalah The Energy Vampire. Mereka akan menguras energi Anda, membuat Anda kewalahan, membuat masalah dari hal-hal negatif, serta mengkritik atau bahkan membully Anda.

Selanjutnya yakni The Compulsive Liar. Ini merupakan tipe orang yang sering berbohong, memanipulasi Anda, bahkan berniat untuk merusak Anda. Terakhir, tipe orang beracun ini berjuluk The Green Eyed, ini adalah tipe orang yang selalu iri akan kesuksesan dan kebahagiaan orang lain.

Mereka selalu melakukan play victim yang merasa dirinya sebagai korban. Orang seperti ini akan membuat Anda selalu merasa bersalah, bahkan bisa membuat Anda kehilangan kepercayaan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *