Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Obat Medis

oleh -1 views
Tenggorokan Gatal Ilustrasi

Kontroversinews.com – Tenggorokan gatal memang cukup mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, bisa dicegah dengan berbagai cara seperti mengkomsumsi  makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh. menjaga kelembapan udara di dalam ruangan juga penting untuk cegah tenggorokan gatal, misalnya dengan menggunakan pelembap ruangan atau humidifer.

Berikut ini cara mengatasi tenggorokan gatal dengan obat medis yang harus kamu ketahui:

Dekongestan
Saat hidung tersumbat, Anda sering kali bernapas melalui mulut sehingga berisiko mengalami tenggorokan kering. Tenggorokan kering yang disertai sensasi lendir berlebih di belakang hidung (post-nasal drip) dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal.

Pseudoephedrine adalah salah satu kandungan dalam obat dekongestan yang dapat membantu Anda kembali bernapas secara normal, karena dapat mengatasi hidung tersumbat. Dengan kata lain, obat dekongestan dapat meringankan tenggorokan gatal.

Obat kumur
Obat kumur yang mengandung mentol dapat mengurangi iritasi dan rasa gatal pada tenggorokan. Anda dianjurkan untuk rutin berkumur sebanyak beberapa kalo setiap harinya hingga keluhan tenggorokan gatal mereda.

Antihistamin dan analgesik
Obat antihistamin juga dapat digunakan untuk meredakan tenggorokan gatal. Obat pereda nyeri, seperti paracetamol, juga dapat meredakan nyeri terkait tenggorokan gatal.

Jenis obat antihistamin dan analgesik banyak dijual secara bebas di apotek, tetapi pastikan Anda selalu mengikuti petunjuk penggunaan dan konsumsi sesuai dosis yang dianjurkan.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *