Tingkatkan Kualitas Pembina Pramuka, Kwarran Katapang Gelar KMD Mandiri

Sejumlah peserta pramuka saat mengikuti kegiatan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD), di Aula SD IP Ummul Muminin Desa Sangkanhurip, Kecamatan Katapang, Kamis (6/10/22). Photo - Lee.

Sebanyak 64 orang pembina pramuka mengikuti kegiatan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD), Kwartir Ranting Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung 6 hari ini dibuka oleh Sekretari Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung H. Nandang Kuswara, bertempat di Aula SD IP Ummul Muminin Desa Sangkanhurip, Kecamatan Katapang, Kamis (6/10/22).

Menurut H. Nandang Kuswara, Pramuka itu perintah wajib dari Permendikbud nomor 63 tahun 2014, dan satu-satunya ekskul wajib yang di-SK-an oleh Menteri.

“Karena di Pramuka itu berbagai kegiatan untuk implementasi pembelajaran biasa sehingga bisa dipraktekkan langsung di Pramuka, dan salah satunya Pramuka itu untuk pendidikan karakter seiring dengan yang diprogramkan oleh Bupati Bandung, ” ujar Nandang usai membuka acara.

Sekretari Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung H. Nandang Kuswara, saat simbolis memberikan KTA kepada peserta KMD , Kamis (6/10/22). Photo – Lee

Nandang menambahkan, dengan diwajibkannya Pramuka, maka harus ada KMD. “Untuk membina Pramuka, terang di Permendikbud No. 63 tahun 2014 adalah sekolah, dalam hal ini Mabigus (kepala sekolah), guru, baik guru kelas, guru agama dan seterusnya, sehingga mereka harus mempunyai keterampilan khusus untuk Pramuka. Dengan demikian, seteleh mengikuti KMD ini memiliki ilmu mumpuni ketika melatih Pramuka di sekolah, ” bebernya.

Ketua Kwartir Ranting Katapang Asep Wawan Suprihat yang didampingi Panpel KMD , Ison mengatakan, kegiatan tersebut dibagi 2 sesi, tanggal yakni tanggal 6,7, 8 Oktober 2022 di laksanakan indoor di SD IP Ummul Muminin Desa Sangkanhurup Katapang. Sedangkan tanggal 13,14,15 Oktober 2022 outdoor akan ditentukan para pelatih yang terdiri dari 7 orang pelatih.

Sementara Camat Katapang H. Taufik Wahid Ariana, yang di wakili Sekretaris Kecamatan Katapang Dr. H. Djudjunan M.Si. mengapresiasi kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD). yang diikuti oleh puluhan pembina Pramuka dari sekolah yang ada di Kecamatan Katapang.

Djundjunan berharap, setelah mendapat pendidikan di KMD, para pembina bisa menyampaikannya ke anggota pramuka yang dibina di sekolah masing-masing.

 

Lily Setiadarma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *