Tidak Setuju Akan Pengembangan Kawasan Dan Tidak Dilibatkannya Warga Setempat, Membuat Warga Bersama Forkopimmas Melakukan Aksi Unras

oleh -32 Dilihat

CIREBON, (Kontroversinews), – Sebanyak ratusan warga dari 2 desa terdekat dengan lokasi pabrik PT Avia Avian dan ribuan massa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan LSM dan Ormas (Forkopimmas) Cirebon melakukan aksi unjuk rasa (unras) pada Rabu 15 Maret 2023, bertempat di Jalan Nasional 1 Astanamukti Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat persis didepan pabrik pipa PVC PT Avia Avian. aksi unjuk rasa berlangsung kondusif meski cuaca panas menyertai, dengan didampingi ratusan personel kepolisian dari Resort Cirebon Kota. menurut warga setempat, sampai saat ini masih belum ada itikad baik dari pihak perusahaan untuk memberikan kompensasi maupun melibatkan warga untuk bekerja. terlebih demo seperti ini bukan kali pertama terjadi, sudah berkali-kali. sementara, masyarakat mendesak pihak perusahaan agar melibatkan masyarakat lokal dalam pekerjaan pra produksi maupun saat produksi. pasalnya, PT Avia Avian saat ini dituding hanya merekrut tenaga kerja lokal dengan kuantitas yang jauh sangat sedikit.

Masyarakat Desa Pengarengan Kabupaten Cirebon bersama Forkopimmas, akhirnya menggeruduk proyek pengembangan pabrik tersebut. terlebih lagi, rencana pengembangan tak tersosialisasikan dan pembangunan pabrik hanya berjarak 3 meter dari rumah warga yang akan memberikan dampak secara langsung. dengan menerjang rawa di kawasan pesisir, masyarakat pernah menerobos masuk dan memaksa alat berat untuk berhenti beroperasi. karena, rencana pengembangan PT Avia Avian oleh PT Sumber Nusantara (PT SN), hanya berjarak tiga meter dari rumah warga tadi hingga bisa dipastikan dampaknya akan sangat mengganggu.

Sementara isi tuntutan dari pihak Forkopimmas yang berisi 8 lembaga dari LSM dan Ormas dalam suratnya mengatakan, menuntut kepada pihak PT Avia Avian untuk segera menghentikan pembangunan yang dilaksanakan oleh PT Sumber Nusantara. karena dinilai arogan, dan mengabaikan aspirasi maupun keluhan masyarakat yang terdampak. meminta dan mendesak kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah untuk mencabut seluruh ijin PT Avia Avian, dan meninjau kembali dokumen Amdal karena dinilai kurang memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat sekitarnya. dan yang terakhir, meminta kepada Pemerintah Daerah yang dalam hal ini adalah Pemda Cirebon untuk menghentikan proyek dari PT Avia Avian yang memproduksi pipa PVC, karena diduga bertentangan dengan ketentuan dan perundang undangan yang berlaku. aksi unjuk rasa yang dimulai dari pukul 10 pagi hingga berakhir pada pukul 13.00 WIB, berakhir dengan damai. dan hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari pihak PT Avia Avian kepada wartawan media ini. (Team : Arsy-Kusyadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *