Tanah Amblas di Kampung Palung Pusing

oleh -127 Dilihat
oleh

Kab Bandung | Kontroversinews.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mengungkapkan terjadi tanah amblas dengan diameter 10-20 cm dengan kedalaman 10-15 cm, Ahad (9/12). Peristiwa tersebut terjadi di Kampung Palung Pusing, RT 03 RW 09, Desa Jelegong, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Sudrajat membenarkan hal tersebut, kejadian yang terjadi sekitar pukul 15.10 Wib. “Ada ruang dibawah tanah dan ditemukan aliran air di dasar tanah,” ujarnya kepada Republika saat dihubungi, Ahad (9/12).

Menurutnya, amblasnya tanah tersebut diperkirakan akibat kikisan dari air yang berada di bawah tanah. Amblasnya tanah juga turut menutup akses jalan warga setempat. Tidak hanya itu, satu rumah milik warga ikut terkena dampak namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung, Achmad Kosasih mengungkapkan saat ini pihaknya baru membatasi tanah yang amblas dengan garis batas berwarna kuning hitam agar tidak ada korban.

“Kita sambil mengamati dikhawatirkan meluas,” ujarnya. Menurutnya, pihaknya melalui akan segera menindaklanjuti kejadian tersebut dengan memperbaiki tanah yang amblas.

Informasi yang dihimpun, beberapa puluh tahun ke belakang terdapat penambangan pasir di wilayah tersebut. Hal itu menyebabkan bagian bawah dari tanah mengalami seperti sarang laba-laba dan banyak lubang yang memanjang. (Lily Setiadarma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *