PT Perkebunan Nusantara VIII Memberikan Bantuan Program Desa Sejahtera BUMN “Bakti BUMN mengayomi keluarga, menghadirkan Desa Sejahtera”

BANDUNG

Kontroversinews.com –  PT Perkebunan Nusantara III (Persero) melalui anak usahanya yaitu PT Perkebunan Nusantara VIII turut berpartisipasi dalam Program Kolaborasi BUMN yaitu Program Desa Sejahtera BUMN.

Program ini dilakukan guna mendukung Program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) sesuai INPRES No.4/2022. Kementerian BUMN membuat Program Desa Sejahtera BUMN, dengan 3 strategi utama, antara lain pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan masyarakat dan penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan.

Program Desa Sejahtera BUMN terdiri dari Posyandu Sejahtera, Bersih Sejahtera, Terang Sejahtera, Zakat dan UMK Sejahtera serta melibatkan beberapa BUMN, antara lain Pegadaian, PLN, Biofarma, BRI dan BNI.

Untuk pilot project, Program Desa Sejahtera BUMN dilakukan di Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Wispramono Budiman selaku SEVP Operation PTPN VIII menyampaikan bahwa dalam mengawal peningkatan sumber daya manusia yang lebih baik, PTPN Group dan seluruh BUMN berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat sekitar melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

“Kami mendukung program Desa Sejahtera BUMN ini untuk menjadi percontohan bagi lembaga lain yang ingin ikut berkontribusi dalam meningkatkan pembangunan daerah”, ungkap Wispramono.

Pada tanggal 27 Desember 2022, Penyerahan Bantuan Program Desa Sejahtera BUMN secara simbolis diserahkan oleh Fahrudin selaku Penata Kelola Perusahaan Negara Pertama Kementerian BUMN, kepada Kepala Desa Hegarmanah Didi Sukandi di Halaman Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Acara tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Perusahan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding Perkebunan Nusantara – Bambang Agustian, Sekdis DPMD Kabupaten Sumedang – Lili Rahli, Camat Jatinangor – Herry Derwantara serta perwakilan BUMN yang berada di wilayah Kab Sumedang.

Untuk Program Bersih Sejahtera, PT Perkebunan Nusantara III (Persero) melalui PT Perkebunan Nusantara VIII memberikan bantuan berupa mesin pencacah sampah yang nantinya akan digunakan Desa Hegarmanah untuk mencacah pohon jagung atau ranting pohon menjadi pakan ternak serta mesin pengayak.

Mesin tersebut diproduksi oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (ICCR), salah satu anak perusahaan PTPN III (Persero), disamping itu PT Pegadaian memberikan bantuan edukasi pemilihan sampah dari rumah.

Untuk Program Terang Sejahtera, PT PLN menyerahkan bantuan penerangan listrik dan Jalan, Program Posyandu Sejahtera, PTPN VIII menyerahkan bantuan antropometri kit dan PT Biofarma menyerahkan bantuan kesehatan lainnya.

Program Zakat, BNI memberikan bantuan pendidikan untuk siswa berprestasi, Program UMKM, BRI memberikan bantuan pemberian alat usaha bagi UMKM.

Kepala Desa Hegarmanah mengapresiasi dan berterimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh seluruh perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Program tersebut sejalan dengan program yang sedang dilaksanakan Desa yakni untuk program pengembangan UMKM dan ketahanan pangan di Desa Hegarmanah, diharapakan untuk kemudian program tersebut akan mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Lily Setiadarma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *