PT. Geo Dipa Energi (Persero), Tingkatkan Sinergisitas Program Pengembangan Masyarakat

oleh -76 views

PASIRJAMBU || Kontroversinews – PT. Geo Dipa Energi ( Persero), mengajak pemerintah dan masyarakat di tiga desa penyangga untuk berdiskusi menyusun rencana kerja strategis pemanfaatan program community development (Comdev) dari perusahaan tersebut.
Ketiga Desa tersebut Desa Sugihmukti , Desa Panundaan dan Desa Alamendah.

General Manager (GM) PT. Geo Dipa Energi, Idham Purnama diwakili Public Relation PT. Geo Dipa Energi, Agung Maulana mengatakan kegiatan tersebut adalah merupakan pertama kalinya dimana masyarakat dilibatkan langsung untuk berdiskusi dan diserap aspirasinya.

Hal tersebut tidak lepas dari keinginan perusahaan yang ingin lebih bersinergis dengan masyarakat sekitar dan juga stakeholder pemerintahan.

“Jadi kita ngobrol, berdiskusi dengan pemerintah desa, tokoh masyarakat juga stakeholder terkait program apa yang akan diajukan untuk tahun ini. Kebetulan di Desa Alam Endah ini yang diajukan adalah pengembangan wisata Arboretum Park yang selama ini dikelola oleh Bumdes Alamanda,” ujar Agung saat ditemui disela sela kegiatan di Hotel Sindangreret Ciwidey, Senin (15/2/2021).

Selain wisata Arboretum Park, di Desa Alam Endah juga diajukan program untuk pengembangan UMKM bagi masyarakat pelaku usaha.

“Ini merupakan program-program yang kita harapkan dan akan kita jalankan. Mudah-mudahan ini bagian proses perbaikan, semoga pemanfaatan program comdev ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” pungkas Agung.

Kepala Desa Alam Endah, H. Awan Rukmawan mengatakan sangat mengapresiasi langkah PT. Geo Dipa Energi yang mengajak masyarakat di wilayahnya untuk berdiskusi dan menyampaikan aspirasi-aspirasi yang sesuai dengan kegiatan yang ada di masyarakat seperti sub sektor pertanian, peternakan, termasuk handicraft atau kerajinan.

“Juga pelaku-pelaku lembaga wisata termasuk juga Bumdes dan desa wisata termasuk LMDH di wilayah di sini dikaitkan dengan program ke depan,” ujar Awan.

Awan berharap keberadaan perusahaan-perusahaan di daerah bisa dirasakan keberadaannya oleh masyarakat terutama dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Adanya CSR / comdev ini harus bisa dirasakan oleh masyarakat secara keseluruhan jika dilaksanakan dengan keterpaduan dan tepat sasaran,” katanya.

Awan menyebut, program prioritas yang menjadi target yang diajukan adalah wisata dan UMKM. Selain itu, para petani kedepan harus bisa lebih sejahtera dalam bidangnya untuk bisa menembus pasar-pasar dengan tekhnik marketing produk unggulan mereka.

“Dalam kerajinan termasuk juga pelaku UMKM yang dikaitkan dengan program desa yang sekarang kita sudah punya yaitu Objek Wisata Arboretum Park sehingga semua lini sektor bisa ada disitu dan bisa menjadi tempat usaha masyarakat desa,” paparnya.

Awan menyebut sinergitas antara Desa Alam Endah dengan PT. Geo Dipa Energi saat ini sudah sangat baik, terlebih disaat pandemi covid-19 ini pihak perusahaan banyak membantu masyarakat baik terkait kebutuhan pokok maupun kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bandung, Weni Purwati mengatakan dirinya ingin melihat dan mengkaji bagaimana PT. Geo Dipa Energi bisa berkontribusi bagi masyarakat di sekitar kawasan panas bumi.

“Saya sebagai tenaga ahli yang mengkaji tentang wisata di kawasan panas bumi di Kabupaten Bandung terutama ingin menggali pengembangan wisata dan potensi-potensi lainnya yang bisa dijadikan untuk penguatan wisata alam, baik itu pertanian dan sebagainya bisa bisa diintegrasikan dengan baik,” kata Weni.

Weni mengatakan yang palinng penting dalam pengembangan tersebut adalah pengembangan sarana prasarana dukungan kepada masyarakat untuk meningkatkan SDM-nya. Diantaranya untuk melakukan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat agar wisatanya itu lebih berkembang dengan baik.

“Juga agar lebih siap lagi untuk menerima wisatawan dari berbagai daerah,” tambahnya.

Weni mengatakan kerap mendengar keluhan masyarakat yang mengatakan membutuhkan wadah untuk berdiskusi bersama karena memang beberapa kelembagaan yang sudah dibentuk untuk wisata dan lain-lain itu programnya masih belum jelas. Sehingga dengan adanya wadah diskusi seperti yang difasilitasi oleh PT. Geo Dipa Energi tersebut bisa lebih mengkolaborasikan lagi semua stakeholder.

“Saya harap semua pihak disini bisa saling terintegrasi agar semua program bisa terlaksana dengan baik,” pungkasnya.( Lily Setiadarma )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *