Penutupan Fornas VII, Bupati Bandung akan Berikan Kadeudeuh kepada 14 Peraih Emas

oleh -70 Dilihat

BANDUNG (Kontroversinews).– Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Nasional, Hayono Isman, secara resmi menutup Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VII di Gedung Budaya Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (9/7/2023).

Dalam Fornas tersebut, Kontingen Jawa Barat meraih juara umum dengan perolehan 420 medali terdiri dari 147 medali emas, 151 medali perak dan 122 medali perunggu. Dari medali emas sebanyak itu, 14 emas di antaranya disumbang oleh pegiat olahraga dari tuan rumah Kabupaten Bandung.

Tropi juara umum diserahkan Hayono Isman kepada Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja, didampingi Ketua Kormi Jabar, Denda Alamsyah, Bupati Bandung Dadang Supriatna, dan Ketua Kormi Kabupaten Bandung Detty Ema Supriatna.

Pada kesempatan itu, Bupati Bandung mengungkapkan kebahagiannya atas hasil pelaksanaan Fornas VII dimana Jabar meraih juara umum.

“Ini salah satu prestasi luar biasa dari para pegiat olahraga masyarakat. Alhamdulillah Kabupaten Bandung menyumbang kurang lebih sekitar 14 medali emas, tentu ini salah satu kebahagiaan bagi warga Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Menurut Dadang, para pegiat olahraga yang berada di inorga (induk organisasi olahraga) ini sangat luar biasa. “Berdasarkan Undang-Undang No 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, sekarang kegiatan olahraga kemasyarakatan sudah ada legalisasinya. Tentu kami akan terus memberikan edukasi dan mensosialisasikannya kepada masyarakat,” tutur Dadang.

Bupati menyebutkan, di Kabupaten Bandung saat ini terdapat 76 inorga, dan akan dipersiapkan mencapai 88 inorga sesuai dengan ketentuan pusat.

Ia pun sangat mengapresiasi para atlet yang meraih 14 medali emas, dan nantinya akan dikoordinasikan dengan Ketua Kormi Kabupaten Bandung untuk pemberian apresiasi kepada peraih medali emas tersebut.

“Yang jelas saya sangat bangga dan bahagia dan terima kasih kepada para penggiat olahraga yang mendapatkan medali emas, khususnya di Kabupaten Bandung. Insya Allah akan saya perjuangkan bonusnya, walaupun tidak ada di APBD-nya. Mungkin kita akan gunakan CSR (Corporate Sosial Responsibilitas),” katanya.

Dadang juga mengungkapkan dalam pelaksanaan Fornas VII ini ada empat kesuksesan yang diraih. Pertama, sukses penyelenggaraan, alhamdulillah sudah berjalan dan sukses.

“Terima kasih kepada semua dan para pegiat olahraga kemasyarakatan yang hampir 23.000 sampai 25.000 orang hadir di Kabupaten Bandung. Kalau dihitung dengan suporter atau pendukung maupun official jumlahnya mencapai 40.000 orang yang hadir di Kabupaten Bandung selama Fornas VII berlangsung,” ungkap Dadang.

Kedua, lanjut Dadang , sukses prestasi dan Jawa Barat menjadi juara umum pada pelaksanaan Fornas VII ini. “Tentunya Pak Gubernur harus memberikan bonus, terutama untuk para pegiat olahraga di Kabupaten Bandung,” katanya.

Ketiga, sukses administrasi, nanti penyelesaian pertanggungjawaban dan lain sebagainya ada di panitia. “Saya yakin bisa selesai,” ucap Dadang.

Keempat, sukses ekonomi. “Setelah kita hitung selama 10 hari, ternyata perputaran ekonomi di Kabupaten Bandung total kurang lebih sekitar Rp150 miliar. Ini sesuai dengan prediksi awal yang sudah saya sampaikan,” katanya.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyatakan bahwa Kormi Kabupaten Bandung siap hadir di Fornas VIII Tahun 2025 di Nusa Tenggara Barat. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *