Launching Akselerasi Generasi Digital, Nadiem Makarim Tegaskan Pentingnya Talenta Digital

oleh -52 Dilihat
Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim

JAKARTA Kontroversinews.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menekankan mengenai pentingnya talenta digital di masa depan. Menurutnya tanpa ada talenta digital, Indonesia tidak akan bisa berkembang di seluruh ekosistem di Indonesia.

“Sebenarnya kapital bisa dilaksanakan, market di Indonesia cukup besar. Satu bottleneck-nya adalah talenta, tanya sama semua unicorn di Indonesia permasalahan nomor 1 mereka adalah talenta,”ujar Nadiem saat launching Akselerasi Generasi Digital yang disiarkan secara daring, Rabu,(15/12/2021). Nadiem menyatakan keinginannya untuk memadatkan pengalaman enterpreneur ke dalam pengalaman jenjang pendidikan S1. Jadi ketika mahasiswa lulus, mereka telah mendapatkan pengalaman baik bekerja di unicorn maupun mengerjakan proyek kewirausahaan selama 1 semester.

“Anak itu sudah jadi super power, sudah punya banyak sekali jurus. Nilai yang kita maksudkan dengan kampus merdeka dan dalam kampus mereka pun program terpenting adalah untuk meredefinisi apa yang dimaksud pendidikan S1,” ujarnya.

Mendikbudristek ini sendiri mengatakan hal tersebut menjadi kalo pertama dalam sejarah Indonesia. Dimana semua perusahaan- perusahaan teknologi, pelatihan dan sertifikasi teknologi menjadi mini universitas selama 6 bulan.

“Negara-negara lain sedang melihat Indonesia sebagai salah satu pionir dalam melakukan hal ini. Karena mereka mau ke arah situ kita melakukannya dalam waktu 1 semester,”ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *