Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak: TNI Tanam Pohon Bukan Basa-basi

Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak saat melakukan penanaman pohon di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Rabu (12/10/2022). Foto – Lee

CIWIDEY
Kontroversinews.com – Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak mengatakan, TNI tidak pernah basa-basi terkait penanaman pohon dan pencegahan banjir saat musim hujan. Bahkan Pangkostrad rutin mengajak personel TNI untuk menerapkan program pencegahan banjir.

“Kita tidak perlu basa-basi soal menanam pohon. Kalau bisa langsung tanam seribu pohon, ini pasti akan berpengaruh,” ujar Letjen TNI Maruli Simanjuntak dalam kegiatan penanaman pohon di Desa Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Rabu, 12 Oktober 2022.

Turut hadir dalam kegiatan itu, jajaran Kopassus dan Kodam III Siliwangi, Ketua DPRD Kabupaten Bandung, H. Sugianto, Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan, unsur Forkopimcam setempat, dan jajaran intansi terkait lainnya.

Menurut Pangkostrad, program penanaman pohon personal TNI tak hanya dilaksanakan di Ciwidey, tapi juga di daerah lain seperti di Sukabumi dan Tasikmalaya. “Kurang lebih Sudan 5 ribu pohon ditanam di Jawa Barat belakangan ini,” katanya.

Saat ini, katanya lagi, merupakan momentum yang baik untuk melakukan penanaman pohon. “Kebetulan ini sudah musim hujan, ini momentum yang baik untuk mulai menanam pohon,” ujar Letjen Maruli kepada awak media di sela-sela kegiatan penanaman pohon tersebut.

Sebelum melakukan penanaman pohon, Pangkostrad mengungkapkan dirinya intens berkomunikasi dengan PT Perkebunan Nusantara dan Perum Perhutani untuk mengetahui mana saja lahan yang bisa ditanami dan dihijaukan.

“Mudah-mudahan pada tahun depan kita bisa melakukan penanaman pohon serentak,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan mengungkapkan apresiasinya kepada TNI yang memiliki program khusus penanaman pohon untuk mencegah terjadinya banjir di musim hujan, apalagi Kabupaten Bandung dijadikan sebagai salah satu titik penanaman pohon secara masif.

“Kita diingatkan TNI. Ini menjadi suatu peringatan bagi Kabupaten Bandung. Ini pesan penting dari Pangkostrad untuk Kabupaten Bandung,” ujar Sahrul.

Pemerintah Kabupaten Bandung, ujarnya lagi, sangat terbantu oleh TNI dalam melakukan edukasi pelestarian lingkungan. Bahkan peran TNI dalam program pembenahan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, terbukti berhasil.

“Nantinya ketika sudah tidak ada Satgas Citarum, selanjutnya kita masyarakat Kabupaten Bandung yang melanjutkan program tersebut,” katanya.

Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak saat membagikan sembako kepada warga setempat pada kegiatan penanaman pohon di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Rabu (12/10/2022). Foto – Lee

Dalam kegiatan tersebut Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak juga membagikan sembako kepada warga desa setempat.

Lily Setiadarma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *