Lebaran Pertama, Volume Sampah di Jakarta Meningkat Capai 2.142 Ton

oleh -0 views
ilustrasi sampah. (foto:Net)

JAKARTA (Kontroversinews.com) – Sebanyak 2.142 ton sampah dikirim dari DKI Jakarta ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, pada hari pertama Lebaran, Kamis (13/5/2021). Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin mengatakan tepat pada hari pertama lebaran, sampah yang dikirim ke TPST Bantargebang mencapai 2.142 ton dengan 405 rit truk sampah.

“Sedangkan pada H-1, total sampah mencapai 8.713 ton dengan 1.580 rit truk sampah,” kata Syaripudin kepada wartawan, Jumat (14/5/2021).

Ia menambahkan, berdasarkan pengalaman empiris pada tahun-tahun sebelumnya, tonase sampah menurun saat pra dan pascalebaran. Namun, tahun ini terjadi sedikit perubahan karena adanya pengosongan Dipo dan TPS menjelang Hari Raya Idul Fitri.

‚ÄúTonase sampah yang dikirim ke TPST Bantargebang beberapa hari sebelum Lebaran mengalami kenaikan karena adanya kegiatan pengosongan Dipo dan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) menjelang hari Lebaran sehingga diharapkan para supir truk sampah tersebut dapat bersilaturahmi dengan keluarga pada saat Hari Raya Idul Fitri,” tuturnya.

Mengutip dari Okezone, berdasarkan data tahun 2020, ungkap Syaripudin, pada saat H-1 tonase sampah mencapai 6.995 ton dengan 1.299 rit truk sampah dan sampah turun drastis pada hari H-nya dengan tonase hanya 2.195 ton dengan ritase 432 rit.***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *