H. Kan Kan : Ditengah Pandemi Covid-19 Pendapat Bapenda Kab Bandung, Surplus Rp.17 Milyar

oleh -1 views

Kesibukan di Kantor pelayana Bapenda Kab Bandung, terlihat pegawai saat memberikan pelayana kepada nasabah yamg akan membayar pajak.

SOREANG || Kontroversinews – Dengan diterbitkannya Peraturan Bupati (Perbup) Bandung Nomor 27 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Insentif Pajak Daerah khususnya di bidang Pajak 2 , meraih sukses meningkatkan pendapatan daerah tahun ini dan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak pun meningkat.


“Dampak dari insentif pajak, khusus sektor 2, yakni Pajak Bumi Bangunan(PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), surplus sekitar Rp. 17 Milyar,” Kata Kabid Pajak 2 Bapenda H. Kan Kan Taufik Barnawan, S.IP. kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu ( 7/10 )


Menurutnya, naiknya pendapatan pajak di tahun 2020 ini, dampak dari diberlakukannya Peraturan Bupati (Perbup) No. 27 Tahun 2020, tentang Insentif Pajak Daerah Untuk Wajib Pajak yang terdampak Wabah Corona.
Kebijakan tersebut “merangsang” masyarakat untuk bertransaksi pajak. “Untuk mendapatkan diskon baik BPHTB maupun PBB harus sudah lunas pembayaran 2019 , tidak ada tunggakan pajak tahun sebelumnya , ” tuturnya.


Kan kan menjelaskan, lonjakan transaksi hingga September kemarin, merupakan bentuk efektifnya program insentif yang dicanangkan Bapenda. “Di tahun 2019, raihan PBB mencapai Rp. 218,5 milyar, sekarang baru sampai September sudah Rp. 235,5 Milyar, atau surplus Rp. 17 milyar.” paparnya.


Sementara dari target pendapatan BPHTB Rp. 160 milyar, hingga akhir September baru mencapai Rp. 155 milyar. Jadi masih kekurangan Rp 5 milyar. ” Tapi saya optimis dapat melampaui target hingga Rp. 190 Milyar, karena masih ada tenggang waktu sekitar 3 bulan, hingga Desember nanti,” paparnya.


Sebagai apresiasi pada tingginya animo masyarakat dalam membayar pajak, Bapenda tangah berupaya memperbaiki pelayanan, khususnya di bidang Pajak 2.
“Untuk pelayanan PBB, selain terjun ke lapangan dengan sistem jemput bola ke desa-desa, dalam waktu dekat masyarakat bisa membayarnya secara online. Saat ini kami tengah berusaha , untuk bekerja sama dengan tokopedia, dalam hal memberikan pelayanan terbaik kepada masyarat ” Katanya. ( Lily Setiadarma )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *