Kampus Merdeka “Wujudkan Mahasiswa Raih Mimpi Masa Depan”

oleh -82 views
Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek, Nadiem Anwar Makarim.

Kontroversinews.com – Grand Opening (GO) dan Expo UKM, Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek, Nadiem Anwar Makarim menyambut mahasiswa baru tahun 2021/2022, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (23/8).

Dalam kesempatan itu, Nadiem mengajak mahasiswa untuk meraih mimpi masa depan melalui kampus merdeka. Caranya, melalui studi independen, projek kemanusiaan, pertukaran pelajar, dan lain sebagainya.

Kemendikbud juga menyediakan program beasiswa gelar maupun non gelar, salah satunya beasiswa unggulan yang bisa diikuti oleh mahasiswa baru.

“Mahasiswa itu bukan lagi seperti pelajar. Menjadi mahasiswa berarti kalian memiliki kemerdekaan lebih luas untuk menentukan arah masa depan. Itu menjadi kendaraan kalian untuk meraih mimpi di masa depan,” ungkap Nadiem.

Mahasiswa tidak sama seperti kenaikan jenjang sekolah. Menjadi mahasiswa artinya memiliki kemerdekaan yang lebih luas untuk menentukan masa depan.

Seperti diketahui, Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Seluruh program dirancang untuk memberikan peluang kepada mahasiswa dengan keragaman minat dan ketertarikan. Harapannya agar mendapatkan pengalaman yang tidak tertulis dalam buku teks atau diajarkan di buku kelas.

Nadim percaya kemerdekaan adalah napas pemuda, napas para mahasiswa, generasi penerus bangsa. Dirinya mengajak agar semua terus bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar. ***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *