Jumlah Pengangguran di Kec. Katapang Tertanggulangi

oleh -130 Dilihat
oleh

Kab. Bandung | Kontroversinews.-Melalui program pendidikan dan pelatihan kerja, ungkap H. Ramdan, Camat Katapang, Rabu, 19/9, di ruang kerjanya, dari sumber anggaran Dana Desa, Kecamatan, dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten BandungĀ  (APBD Kab. Bandung), jumlah pengangguran di wilayah Kecamatan Katapang bisa di tekan secara signifikan. Program yang diselenggarakan mencakup pelatihan menjahit, industri makanan, bengkel, dan pendidikan lainnya yang bisa menjadi akses keterampilan masyarakat belum bekerja.

Secara rinci Ramdan tidak bisa mengakumulasikan jumlah peserta karena datanya di pegang Pembina Pendikan dan Pelatihan, namun ia menggambarkan dengan rinci bahwa jumlah pengangguran sudah sangat berkurang. Kenyataan ini menurutnya secara bertahap sangat memungkinkan jumlah prngangguran akan kian menyusut. Ia mengakui setiap tahun diwilayahnya menyelenggarakan kegiatan itu dari 4-5 kali pelatihan. Atas dasar itu ia merasa optimis jumlah pengangguran akan terus menyusut.

Ramdan mengakui, dari kegiatan itu, lebih cenderung mengarah kepada kreativitas warganya. Karena masing-masing mempunyai kemampuan tersendiri. Seperti menjahit, mereka akan diarahkan supaya lebih terampil. Demikian juga dengan keterampilan lainnya akan dilakukan pemantapan kemampuan. Sehingga setelah selesai pelatihan mereka diharapkan bisa meraih cita-citanya.

“Untuk prioritas pemasaran produk dari home industri mereka memanfaafkan media sosial sebagai ajang pemajangan produknya. Dan itu cukup efektif juga tidak mengeluarkan biaya besar karena adanya fasilitas tersebut,” tutur Ramdan. (Ki Agus N. Fattah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *