Guru di Samosir Bersertifikasi Google?

oleh -142 Dilihat
oleh

Samosir | Kontroversinews.-Hidup di Revolusi Industri 4.0 membawa dampak ke seluruh bidang kehidupan. Salah satu dampak itu adalah di bidang pendidikan.

Dampak ini dapat dilihat, bagaimana guru dituntut untuk dapat melaksanakan pembelajaran berbasis digital, dengan istilah-istilah yaitu flipped classroom, google classroom, blended learning, dan masih banyak lagi istilah dalam pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Jika kita runut dengan layanan yang tersedia di mesin pencari Google, maka para guru dan tenaga kependidikan perlu menguasai layanan-layanan yang tersedia di Google,  untuk mengoptimalkan pembelajaran di kelas maupun layanan manajemen sekolah.

Diperlukan strategi dan pendekatan oleh pengelola kebijakan dan pemangku kepentingan untuk memprasyaratkan para GTK memiliki sertifikasi Google, di samping sertifikasi pendidik yang telah mereka miliki.

Ini menjadi satu bahan renungan bagi kita para pengelola/pelaksana kebijakan di tingkat sekolah, bagaimana para guru telah memiliki kompetensi daring dengan  kemudahan-kemudahan yang dapat diperoleh untuk optimalisasi layanan pedagogis terhadap peserta didik milenial yang bermuara pada pencapaian visi dan misi sekolah secara umum, sesuai tuntutan kontekstual peradaban.

Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir dalam hal ini perlu memiliki rencana strategis, untuk meningkatkan kompetensi para Guru dan Tenaga Kependidikan secara konseptual, gradual, dan berkesinambungan untuk mewujudkan sertifikasi Google.

Kita tidak menampik fakta-fakta penghambat di lapangan; namun demikian, diperlukan prinsip yang teguh menuju kondisi ideal sesuai dengan konteks kekinian. Tuntutan integrasi teknologi bukan lagi di depan mata tetapi sudah menjadi kebutuhan para GTK untuk hidup di Revolusi Industri 4.0 ini.

Harapan kita adalah dalam rentang waktu yang telah ditetapkan para GTK tidak hanya melek digitalisasi, tetapi juga sudah dapat berkreasi dan berinovasi dalam bidang-bidang pekerjaan mereka tanpa kehilangan karakter pengabdian, untuk senantiasa melaksanakan karya terbaik.

Wacana guru di Samosir bersertifikasi Google hendaknya bergerak dan kontinum wacana ke praktik riil dengan daya dan upaya yang terencana, terimplementasi, dan berkesinambungan dengan para pihak yang terlibat langsung maupun tidak, untuk Samosir yang sejahtera, mandiri, dan berdaya saing.(ps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *