Gebyar Tahun Baru, Pesta Rakyat dan Pameran Produk UPPKS-UMKM Dapat Membangkitkan Ekonomi Masyarakat Lokal

Pameran produk UPPKS- UMKM serta Festival Seni Budaya di Dome Bale Rame Soreang Kabupaten Bandung, Soreang, Senin (26/12/22).

SOREANG
Kontroversinews.com – Sejumlah unsur masyarakat melaksanakan Gebyar Tahun Baru 2023 dan Pesta Rakyat, sekaligus pameran produk UPPKS- UMKM serta Festival Seni Budaya di Dome Bale Rame Soreang Kabupaten Bandung, Soreang, Senin (26/12/22).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana mengatakan bahwa dirinya diberi tugas oleh Bupati Bandung H M. Dadang Supriatna untuk membuka Gebyar Tahun Baru 2023 dan Pesta Rakyat 2022 di Dome Bale Rame Soreang Kabupaten Bandung. Ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat membangkitkan ekonomi masyarakat lokal, terutama para pelaku ekonomi atau UMKM di Kabupaten Bandung.

“Kegiatan ini merupakan pameran produk UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan pelaksanaan Festival Seni dan Budaya. Selain itu dalam pelaksanannya melibatkan Kampung Keluarga Berkualitas Kabupaten Bandung,” kata Cakra Amiyana.

Cakra mengatakan melalui kegiatan tersebut beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) melakukan sinkronisasi atau keterpaduan program dalam peningkatan ekonomi masyarakat, selain memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi dalam kegiatan ini ada Forum Kampung Keluarga Berkualitas, Seni Budaya, dan sekaligus pelaksanaan pemberian bantuan pangan atau sembako kepada masyarakat yang pelaksanaannya dikemas dalam sebuah sistem terpadu. Jadi kita tidak ingin parsial, tapi kita satukan sehingga dampaknya akan lebih terasa oleh masyarakat,” kata Cakra.

Cakra pun menghimbau kepada para OPD maupun para pelaku usaha untuk memaksimalkan peran dan fungsinya masing-masing. “Kita juga berharap kepada OPD maupun para camat untuk membeli produk-produk yang ada di kegiatan ini. Termasuk para ASN maupun para guru untuk diajak membeli produk-produk pada pameran di tempat ini,” katanya.

Cakra mengungkapkan, kegiatan Gebyar Tahun Baru dan Pesta Rakyat ini merupakan gabungan dari sejumlah OPD di Kabupaten Bandung.
“Pak Bupati menginginkan pada acara ini adanya sinkronisasi, jadi para camat membiasakan di lingkungannya atau di tingkat kecamatan untuk melaksanakan kegiatan terpadu. Kami mengucapkan terima kasih, yang sudah menunjukkan kepedulian dan kontribusinya,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut Cakra Amiyana menyempatkan diri mengunjungi berbagai stand pada gebyar tahun baru dan pesta rakyat yang mencapai 40 stand di Dome Bale Rame Soreang, dengan mempromosikan masing-masing produk UPPKS-UMKM yang berasal dari semua Kampung Keluarga Berkualitas di semua kecamatan di Kabupaten Bandung.

“Saya melihat stand-stand yang ada di kanan kiri Dome Bale Rame Soreang merupakan produk dari UPPKS-UMKM Kampung Keluarga Berkualitas. Kegiatan ini sangat positif dan merupakan kerjasama dan kekompakan untuk terus dibangun di masa mendatang demi kemajuan Kabupaten Bandung demi terwujudnya masyarakat BEDAS (Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera),” katanya.

Cakra Amiyana pun berharap kepada para pelaku usaha untuk memahami menggunakan informasi dan teknologi dalam rangka memajukan usahanya. “Dengan memahami informasi dan teknologi diharapkan dapat memasarkan hasil produk UMKM melalui lintas negara. Artinya tak hanya di tingkat regional maupun nasional, tapi bisa ke dunia internasional dalam pemasaran produk tersebut,” ujarnya.

Selanjutnya Cakra Amiyana berharap pasar produk UMKM bisa menjangkau dunia dan menciptakan kekuatan dan kemanfaatan. “Saya menyambut baik digelarnya pesta seni budaya ini karena dapat membangun adat istiadat. Seperti kita ketahui, tadi kita sudah menyaksikan anak-anak kita, cucu kita yang sudah tampil pada pentas seni budaya pencak silat,” tuturnya.

Lily Setiadarma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *