Edukasi Jurnalis Jadi Juru Damai ! IJTI Korda Bandung Raya Gelar Bimtek

oleh -3 views
News manager RCTI Herik Kurniawan saat memberikan pemaparan jurnalis damai kepada peserta bimtek , di Hotel Sutan Raja, Soreang, Senin (29/3)

SOREANG (Kontroversinews.com) – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) korda Bandung Raya menggelar bimbingan teknis yang bertemakan jurnalis damai redam konflik tawarkan solusi , selama Dua hari Senin hingga Selasa (29-30 Maret 2021)

Ketua pelaksana kegiatan, Riyan Agustian mengatakan bahwa kegiatan bimtek ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para jurnalis, khususnya yang bertugas di wilayah Bandung Raya, diantaranya Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Cimahi, Kota Bandung hingga Sumedang.

“Ini bukan hanya wartawan televisi saja tapi juga untuk seluruh jurnalis tanpa ada terkecuali. Intinya hanya untuk memberikan edukasi kepada teman-teman media,” ujar Riyan saat wawancara disela-sela kegiatan bimtek di Sutan Raja Hotel Soreang, Senin (29/3).

Kegiatan bimtek ini mengambil tema jurnalis damai redam konflik tawarkan solusi. Kata Riyan, IJTI korda Bandung Raya mempunyai program yang disebut dengan toleransi umat beragama. Guna mendukung program tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Agama wilayah Jawa Barat.

“Ternyata sinkron makanya digelarlah bimtek jurnalis damai ini. Jadi teman-teman jurnalis ini bukan hanya meliput tapi mendeklarasikan bahwa berita itu tidak bisa keberpihakan tapi harus meredam agar tidak terjadi konflik,” tutur Riyan.

Dalam kegiatan ini, pihaknya mengundang beberapa narasumber untuk memberikan materi diantaranya ada Ketua Bidang Organisasi Heri Kurniawan, Dewan Penasehat MNC News Mudji Prayitno, sekretaris IJTI korda Jabar, dan juga ada pemerhati media yaitu Ilmi Hatta.

“Kebetulan kami juga bukan hanya menggelar bimtek tapi juga menggelar kegiatan award, yang tujuannya adalah memberikan apresiasi bukan hanya kepala daerah atau anggota dewan, tapi kita juga memberikan perhatian kepada industri yang masih bertahan ditengah kondisi pandemi Covid 19,” papar Riyan.

Akan ada 15 penghargaan yang diberikan, salah satu contohnya adalah kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang memperoleh penghargaan terkait efektivitas penanganan Covid 19. Semua rangkaian acara, Riyan memastikan, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kegiatan ini akan kami lakukan setiap tahun. Kebetulan IJTI biasanya menggelar citizen journalist, tapi sekarang lebih diarahkan ke tema yang lebih soft,” pungkas Riyan. ( Lily Setiadarma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *