Dorong Kinerja, Bupati Bandung Akan Renovasi Kantor KPU

SOREANG
Kontroversinews.com – Menghadapi pesta demokrasi yang dilaksanakan 14 Febuari 2024 mendatang, Bupati Bandung Dadang Supriatna mendorong peningkatan kinerja KPU, salah satunya melalui rencana renovasi Kantor KPU Kabupaten Bandung yang berlokasi di Kecamatan Soreang.

“Saya akan support apa yang dibutuhkan KPU dalam menjalankan tugasnya, Insya Allah tahun ini kantor KPU akan diperbaiki. Semoga dengan sarana yang memadai, kinerja KPU, PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) bisa maksimal. Saya titip semua yang berperan agar pahami aturan,” ucap bupati di sela Pelantikan PPK se – Kabupaten Bandung di Clove Garden Hotel, Cimenyan, Rabu (4/1/2023).

Pada kesempatan itu, Dirinya meminta agar pemilu Kabupaten Bandung lebih berkualitas, berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Saat ini, akan dilakukan e- voting, maka jajaran KPU harus paham soal IT. Mari wujudkan pemilu yang tertib, bersih, dan berkualitas. Berikan informasi dan pemahaman yang baik bagi masyarakat agar dapat melaksanakan hal dan kewajibannya pada pemilu nanti,” ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan bupati kepada seluruh PPK yang dilantik, untuk bersikap jujur, adil, cermat, serta tidak tunduk terhadap interpensi pihak manapun yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

“PPK mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat penting dan strategis. Mengingat partisipan pemilu di Kabupaten Bandung yang demikian besar, saya harap PPK dapat menjalankan tugas, kewenangan dan kewajibannya dengan sungguh-sungguh dan tidak tunduk terhadap tekanan dan pengaruh apapun dari pihak manapun,” tegas bupati.

Untuk mewujudkan hal itu, diperlukan keras dari semua komponen penyelenggara pemilu, mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, desa, sampai hingga TPS (Tempat Pemungutan Suara).

“Saya harap seluruh pihak dapat bersinergi serta berpartisipasi aktif dalam proses pemilu sesuai dengan kapasitasnya masing-masing, agar tahapan demi tahapan pemilu dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga pemilihan anggota legislatif, pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2024 mendatang dapat dilaksanakan sesuai yang kita harapkan,” ajaknya.

Dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemilu, Bupati yang akrab disapa Kang DS itu menilai, perlunya sosialisasi kepada masyarakat yang memiliki hak suara.

“Hal yang sangat penting kita lakukan sejak dini adalah bagaimana kita memberikan pencerahan kepada masyarakat, melalui berbagai kegiatan sosialisasi, agar masyarakat memperoleh informasi yang benar,” pungkas Kang DS.

Dalam pelaksanaan pemilu, PPK memiliki fungsi mengumpulkan hasil penghitungan suara dari seluruh TPS dan melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara dari seluruh PPS.

Lily Setiadarma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *