Domba Sancang Milik Padepokan Putra Lamajang Juara Piala DPRD Kab Karawang

oleh -626 Dilihat
oleh

SOREANG | Kontroversinews.- Domba Sancang milik H. Ajang dari padepokan Putra Lamajang berhasil meraih juara favorit tempur I dari pada kejuaran kontes seni ketangkasan domba Garut Piala Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Minggu (23/12).

“Domba Sancang usinya plex 6 juara pertama tempur. Bobotnya 62 Kg. Sudah dua kali ikut kejuaraan piala presiden di penyisihan dan di Karawang juara pertama tempur,” ujarnya, Senin (24/12).

H. Ajang pemilik domba Sancang yang tinggal di Kp. Baru RT 01 RW 06 Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Ia mengungkapkan Domba Sancang sebagai juara 1, sekaligus menggondol hadiah juara I mendapat piagam dan kulkas.

Dikatakannya Ada tiga kelas adu ketangkasan domba Garut yang diselenggarakan yaitu kelas A, B dan C berdasarkan bobot berat badan domba-domba tersebut. Salah seorang peternak domba Garut asal Lamajang ini H. Ajang, mengaku telah mempersiapkan domba unggulannya untuk mengikuti adu ketangkasan di tahun 2019 mendatang.

“Kami sudah persiapkan semuanya agar domba ini bisa tampil prima. Mulai dari memberikan makanan bergizi dan merawat penampilan Dombanya dengan cara dimandikan dan dijemur satu minggu sekali.
Sementara itu, untuk Domba yang berhasil menjadi juara bisa dibanderol harga dari Rp 25 juta hingga ratusan juta,” Paparnya.

H. Ajang mengapresiasi kegiatan adu ketangkasan domba Garut ini sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya dan seni. Sekaligus melestarikan domba Garut.

Seperti diketahui, domba-domba jenis ini memiliki postur tubuh yang gempal dan mempunyai nilai ekonomis tinggi yang dapat meningkatkan taraf hidup para peternaknya.

“Kami berharap ada dukungan dari pemerintah daerah kepada para peternak domba Kabupaten Bandung untuk semakin mengembangkan usahanya, baik dalam permodalan ataupun lainnya. Pasalnya, masih banyak peternak domba yang karena keterbatasan modal, hanya menjalankan usaha ternak domba dan kambing kurang maksimal padahal potensinya sangat besar,” katanya.  (Lily Setiadarma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *