Distribusi Air Lancar, Warga Berharap Perumda Tirta Raharja Tetap Tingkatkan Pelayanan

oleh -5 views

Ciwidey || Kontroversinews – Pelanggan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja di Kecamatan Ciwidey dan Kecamatan Pasirjambu merasa puas karena distribusi air bersih yang mengalir dari perusahaan tersebut terus mengalir lancar sejak tahun baru 2021, meski masih ada beberapa yang kecil mengalir. Kedepannya, warga berharap BUMD milik Pemerintah Kabupaten Bandung tersebut bisa terus meningkatkan pelayanannya.

Seorang warga Kampung Sirnagalih, Desa Pasirjambu, Kecamatan Pasirjambu, Laswati (54) mengungkapkan kalau kondisi air bersih di rumah mereka akhir-akhir ini jauh lebih lancar dari pada sebelumnya.

“Alhamdulillah, sejak tahun baru aliran air cukup stabil, tidak perlu pakai mesin pompa air dari sumur lagi,” kata Laswati dirumahnya, Rabu (20/1/2021).

Laswati mengatakan, beberapa bulan kebelakang, distribusi air bersih sempat tidak lancar, hanya mengalir 2-3 hari sekali sehingga ia harus membeli air kemasan isi ulang untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

“Tapi sekarang udah lancar, semoga kedepannya terus seperti ini dan saya berharap pihak perusahaan (PDAM) bisa lebih komunikatif jika memang ada gangguan dalam distribusi air, karena kami suka kesulitan mendapat informasi kalau ada gangguan itu,” katanya.

Sejalan dengan Laswati, Rohimah (68) yang merupakan warga Kampung Pamekarsari, Desa Ciwidey, Kecamatan Ciwidey juga menyebutkan saat ini air yang mengalir dirumahnya cukup deras sehingga tidak perlu mengangkut dari bak penampungan air umum.

“Kalau di rumah saya ini, airnya cukup deras tidak perlu memakai air dari bak penampungan umum . Mungkin karena dekat dengan pipa besar dan sumber mata airnya dari daerah Barutunggul ,” ungkapnya.

Sementra itu, Manager Humas dan Keskretariatan Perumdam Air Minum Tirta Raharja Hj. Sri Hartati, S.Sos. M.Si, menjelaskan bahwa Perumda Air Minum Tirta Raharja adalah Perusahaan Daerah Yang melayani kebutuhan air minum masyarakat/pelanggan di empat wilayah pelayanan meliputi Wilayah 1 Soreang (Soreang, Kutawaringin dan Ciwidey), Wilayah 2 Banjaran (Banjaran, Baleendah, Bojongsoang, Dayeuhkolot dan Pangalengan), Wilayah 3 Ciparay (Ciparay, Pacet, Majalaya, Cicalengka, Rancaekek dan Cileunyi) Wilayah 4 Cimahi (Cimahi, Cisarua, Lembang, Padalarang, Cikalong Wetan, Cililin dan Batujajar).

“Perlu disampaikan bahwa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di satu wilayah tersebut, pada masing-masing wilayah pelayanan memiliki sumber air, sistem pengolahan air, sistem distribusi dan pelanggan dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan kondisi lingkungan dan sosialnya,” ungkap Sri Hartati melalui rilis yang disampaikannya kepada wartawan, Rabu (20/1/2021).

Sri Hartati memaparkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk melayani masyarakat di wilayah 1 Soreang dengan jumlah pelanggan saat ini sebanyak 22.536 Sambungan Rumah (SR) dan Wilayah Ciwidey sebanyak 1.958 SR yang disupply dari sumber mata air Cigadog, didistribusikan melalui sistem jaringan pipa sampai diterima oleh pelanggan.

“Salah satu upaya yang kami lakukan dalam pendistribusian air kepada masyarakat/pelanggan di Wilayah Ciwidey dan sekitarnya yaitu dengan melakukan pemeliharaan di penangkapan mata air cigadog, serta melakukan pemeliharaan jaringan di berbagai jaringan yang berbeda bentuk geografisnya dengan mengatur tekanan jaringan dan mengkontrol tekanan dari setiap jaringan yang sudah terpasang alat pengukur tekanan di setiap titiknya,” paparnya.

Untuk memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan dan membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pelayanan air minum dari Perumda Air Minum Tirta Raharja, para pelanggan dapat menghubungi atau mengirim pesan ke petugas pelayanan langganan dengan format Nama_No Pelanggan_Uraian Pengaduan.

“Kirimkan pesan yang dimaksud ke nomor pengaduan pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raharja via WhatsApp ke 08112228563,” pungkasnya. ( Lily Setiadarma )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *