Cegah Hoaks Gempa Malang, Tim Siber Polda Jatim Patroli Dunia Maya

oleh -1 views
ilustrasi Hoax

SURABAYA (Kontroversnews.com) – Tim Siber Subdit V Polda Jatim langsung melakukan patroli di dunia maya pascagempa di Malang. Hal ini untuk mencegah beredarnya berita bohong atau hoaks.

Direktur Reserse Khusus Polda Jatim, Kombes Pol Farman mengatakan, banyak video dan foto yang menggambarkan suasana panik dan kerusakan bangunan tersebar bebas di media sosial dan jaringan WhatsApp.

Farman menuturkan, bisa saja berita itu benar, namun bisa pula kejadian yang tak berhubungan dengan gempa Malang dan sengaja diedit orang tak bertanggung jawab karena iseng agar masyarakat panik.

“Tim Siber Polda Jatim langsung bergerak menelusuri akun akun yang menyebarkan konten tidak benar atau hoaks terkait dengan terjadinya gempa di Kabupaten Malang, Sabtu siang tadi,” katanya dilansir dari iNews, Minggu (11/4/2021).

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar mengonfirmasi terlebih dahulu ketika menerima atau mendapatkan foto dan video yang dikirim ke media sosial dan tidak langsung ikut menyebarkannya. warga diimbau untuk lebih bijak menggunakan media sosial.***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *