Bupati Samosir Vandico T.gultom menyerahkan Beasiswa Kepada Siswa-Siswi dan Mahasiswa Berprestasi

oleh -1 views

SAMOSIR Kontroversinews.comBupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menepati janjinya dalam Visi dan Misi serta program 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Samosir dengan pemberian beasiswa kepada siswa dan mahasiswa berprestasi asal Samosir Rabu,(15/12/2021) di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir.

Pemberian bantuan pendidikan di lingkungan Pemkab Samosir tahun 2021 diberikan kepada 791 siswa dan mahasiswa dari jenjang SMA sederajat dan perguruan tinggi.

Bupati Samosir Vandiko Gultom mengingatkan para siswa dan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa bahwa dana tersebut adalah berasal dari uang rakyat.

“Karenanya saya minta supaya adek-adek semua harus memanfaatkan nya dengan baik melalui belajar lebih giat lagi agar berprestasi meningkat,” ujar Vandiko Gultom.

Dia berjanji Pemkab Samosir siap menerima kembali kepada para pelajar yang lulus dengan prestasi tinggi.

“Setiap siswa dan mahasiswa penerima beasiswa harus punya rasa memiliki yang tinggi kepada Samosir sehingga bila sudah berhasil dapat kembali membangun Samosir, Pemkab Samosir siap menerima,” tegas Vandiko Gultom.

Para pelajar dan mahasiswa berprestasi ini diingatkan kembali untuk terus menjaga kesehatan sehingga terhindar dari penularan Covid-19.

Terkait naiknya great atau persyaratan IPK untuk mahasiswa dari yang seharusnya IPK 3,2 menjadi IPK 3,5, Vandiko Gultom menyatakan hal tersebut akibat anggaran yang sangat terbatas tahun 2021.

“Jumlah yang mendaftar 700 orang lebih dengan IPK 3,2 dan tidak mungkin dana beasiswa yang kita berikan terlalu kecil mengingat anggaran yang terbatas, sehingga kita tingkatkan menjadi IPK 3,5,” ujar Vandiko Gultom.

Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir telah mengajukan beasiswa untuk anggaran 2022 sekitar 3 miliar rupiah.

Terpisah, Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Samosir Tiar Turnip mengatakan jumlah penerima beasiswa untuk tingkat SMA sederajat adalah 277 orang sedangkan tingkat mahasiswa 514 orang.

“Jadi totalnya adalah 791 orang dengan total anggaran sekitar 700 juta lebih tahun 2021,” ujar Tiar Turnip.

“Dari para penerima beasiswa ada mahasiswa kedokteran 4 orang, juga dari siswa di SMA Unggul Del, SMAN 2 Yayasan Tunas Bangsa Soposurung dan SMAN1 Plus Matauli Pandan.

“Ada juga mahasiswa yatim piatu sebanyak 8 orang dan siswa yatim piatu 53 orang, dan semua dana beasiswa tersebut langsung ditransfer ke rekening siswa dan mahasiswa tanpa ada potongan apapun,” pungkas Tiar Turnip.(ps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *