Bupati Samosir Buka Festival Gondang Naposo Berhadiah Total 22 Juta Rupiah

oleh -3 views

Samosir | Kontroversinews.- Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM membuka secara resmi event ke-2 Horas Samosir Fiesta 2018 “Festival Gondang Naposo” yang digelar di Pantai Pasir Putih Tandarabun, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, Jumat 27/4.Pembukaan ditandai dengan pemukulan gondang oleh Bupati Samosir dengan FKPD Kabupaten Samosir.

Kadis Pariwisata Samosir Drs. Ombang Siboro, M.Si dalam laporannya menyampaikan Festival Gondang Naposo 2018 merupakan sebagai media pementasan tradisional yang mempertemukan pemuda/i (naposobulung) Batak yang belum memiliki jodoh yang diikuti oleh 16 kontingen dari utusan Kecamatan se-Kabupaten Samosir, Sanggar Seni Budaya dan dari luar Samosir, yakni Simalungun dan Taput.

Acara ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari, pada tanggal 27-28 April 2018 dengan memperebutkan total hadiah sebesar 22 Juta Rupiah dengan kategori juara, Kategori Budaya Terbaik, Kategori Kreativitas Terbaik, Kategori Pesan Cinta Terbaik, Pamitta Terbaik, dan diakhir acara akan dipilih satu pasangan yaitu Siboru Nauli dan Sidoli Najogi yang akan mendapatkan hadiah tiket penerbangan dari Silangit – Jakarta PP dari maskapai Citilink.

Selain itu, Event ini juga akan dihibur oleh artis Batak, Style Voice, Romantis Trio dan berbagai artis lokal Samosir.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM dalam sambutannya menyampaikan terimaksih kepada seluruh sponsor dan Dinas Pariwisata Kab. Samosir dan juga kepada Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Bali bersama rombongon yang juga hadir dalam kegiatan Festival Gondang Naposo.

Kepada para tokoh dan pemrakarsa pendiri Pantai Pasir Putih Tandarabun, Bupati juga menyampaikan apresiasi atas besarnya perhatiannya terhadap pelestarian budaya Batak dan kemandirian membenahi Tandarabun menjadi salah satu destinasi wisata pantai favorit di Samosir. Bupati berjanji akan memberikan anggaran dalam mendorong pengembangan lokasi Pantai Tandarabun.

Kepada peserta, Bupati berharap semoga tujuan utama kegiatan ini, generasi muda dapat mewarisi budaya Batak dan memperkokoh budaya tersebut agar tidak tergerus oleh modernisasi dari budaya luar.

Dalam pengembangan pariwisata, Pemkab Samosir akan melakukan berbagai upaya diantaranya kerjasama dengan Banyuwangi dan Kabupaten Badung, Bali.(ps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *