Bupati Bandung Raih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Kemendagri

JAKARTA

Kontroversinews.com – Bupati Bandung H. M Dadang Supriatna meraih menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Kementrian Dalam Negeri. Penghargaan tersebut diberikan pada kegiatan Pengarahan Menteri Dalam Negeri pada Rakor Pusat dan Daerah tentang Penguatan Kelembagaan Desa/Kel serta Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan( PINDesKel), dan Pemberian Penghargaan Lomba Desa / Kelurahan tahun 2022 di yang dilaksanakan di Kantor Dirjen Bina Pemdes Kemendagri RI Jl. Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat pada hari Kamis pagi (24/11/22).

Upakarya Wanua Nugraha merupakan penghargaan yang diberikan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang dianggap berhasil melakukan pembinaan terhadap desa dan kelurahan, sehingga berhasil meraih juara lomba desa dan kelurahan di ajang tingkat nasional.

Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha yang diberikan Kemendagri kepada Bupati Bandung ini karena Bupati H. M. Dadang Supriatna dipandang telah berprestasi melakukan pembinaan kepada Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Tahun 2022 karena pada kesempatan yang sama Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi berhasil meraih Juara Pertama Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional II (Wilayah Jawa dan Bali) Tahun 2022 dari Kemendagri RI.

Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha diserahkan langsung Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo kepada Bupati Bandung Dadang Supriatna yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Cakra Amiyana, Sedangkan untuk penyerahan Juara Pertama Pertama Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional I diterima langsung oleh Kepala Desa Cibiru Hadian Supriatna.

Dalam keterangannya, Sekda Cakra Amiyana didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H. Tata Irawan berharap agar apresiasi dari Kemendagri bagi Bupati Bandung ini diharapkan dapat terus menjadi motivasi Pemerintah Kabupaten Bandung untuk selalu mendorong desa / kelurahan yang ada di Kabupaten Bandung untuk berprestasi.

“Kali ini saya mewakili Bupati Bandung untuk menerima dua penghargaan. Yang pertama penghargaan untuk Bupati Bandung sebagai Pembina Desa Terbaik di regional satu serta penghargaan untuk Desa Cibiru Wetan sebagai Desa Terbaik di Jawa barat. Saya harap, tidak hanya Desa Cibiru Wetan saja yang meraih prestasi, namun dapat diikuti oleh desa/kelurahan lainnya untuk meraih prestasi,” ucapnya usai menyimak Pengarahan Mendagri pada Rakor Pusat dan Daerah guna Penguatan Kelembagaan Desa/Kelurahan serta PINDesKel, dan Pemberian Penghargaan Lomba Desa/Kelurahan tahun 2022 di Dirjen Bina Pemdes, Kemendagri, Kamis (24/11/2022).

Dirinya menambahkan, melalui penghargaan tersebut Desa Cibiru Wetan dapat menjadi desa percontohan bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Bandung.
“Sesuai dengan pesan Pak Wakil Mendagri, mari jadikan kegiatan ini sebagai motivasi untuk lebih memperkaya berbagai kinerja dan inovasi, jangan berpuas diri, gali potensi yang dimiliki serta bangun kolaborasi semua pihak. Pak bupati juga berharap, desa Cibiru Wetan dapat menjadi ini menjadi role model atau pilot model desa berprestasi untuk desa-desa yang lainnya,” tambah Cakra Amiyana.

Lily Setiadarma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *