Bawaslu Kabupaten Bandung Menggelar Media Gathering

oleh -2 views

RANCABALI | Kontroversinews – Bawaslu Kabupaten Bandung menggelar media gathering di Emte Highland Resort Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, Senin (18/11/2019) malam. Media gathering tersebut diikuti puluhan jurnalis dari berbagai media massa yang sehari-hari bertugas di Kabupaten Bandung.
Dalam pelaksanaan media gathering itu, mengusung tema bersama media mengawal pilkada 2020 mendatang. Selain itu guna mengevaluasi pelaksanaan pemilu serentak 2019 lalu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehuddin mengatakan, dalam pelaksanaan media gathering tersebut, mengingat media sangat berperan penting untuk menyampaikan kritik dan mengoreksi. “Bahwa media adalah pilar keempat demokrasi dan memiliki kekuatan setelah tiga pilar lainnya, yakni eksekutif, legislatif dan yudikatif,” katanya.

Menurutnya, tanpa media apa arti bagi Bawaslu, karena tugas dan wewenangnya tak dikenal oleh publik. “Kita akan mengeratkan dan bersinergis dengan media. Kita dilindungi Undang-Undang untuk memberikan pengawasan partisipatif, yaitu media. Tentunya, dalam pengawasnya tak bisa instan dan dilakukan sendiri. Tetapi membutuhkan keterlibatan media,” katanya.

Januar mengatakan, melalui pelaksanaan media gathering ini untuk mensinergiskan kembali dan menyamakan persepsi kembali wewenang Bawaslu dalam pengawalan.
“Kita akan terus bersinergis, tanpa media tak akan tahu publik apa yang menjadi tugas dan wewenang Bawaslu,” katanya.

Sebelum melaksanakan media gathering, katanya, Bawaslu sempat mengadakan MoU dengan Dewan Pers nerkaitan dengan negralitas media massa. Ia pun sempat mempertanyakan iklan di media berapa hari untuk pemasangan iklan para calon kepala daerah. “Sebelum dilaksanakan pungut hitung. Apakah selama 21 hari?

Supaya bisa membatasinya. Yang jelas peran media dalam melaksanakan fungsi dan kewenangan Bawaslu sangat membantu untuk mempublikasikan,” katanya. ( Lily Setiadarma )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *