7 Rekomendasi Teh untuk Turunkan Berat Badan

oleh -4 views
ilustrasi teh hijau turunkan berat badan. (Foto/naturalfoodseries)

JAKARTA (kontroversinews.com) – Beberapa jenis teh bisa untuk turunkan berat badan. Secangkir teh memang punya banyak manfaat untuk tubuh. Teh ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan dan bahkan membantu mencegah kanker dan diabetes, sebenarnya teh dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Beberapa jenis teh mengandung senyawa tertentu yang bisa mendorong pembakaran lemak lebih tinggi. Mengutip dari Cnn Indonesia, berikut ini beberapa jenis teh untuk turunkan berat badan.

1. Teh hijau

Cikal bakal minuman penurun berat badan adalah teh hijau – teh ini mengandung antioksidan yang disebut katekin, termasuk zat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), yang dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak.

2. Teh oolong

Meskipun teh hijau telah lama dianggap sebagai variasi pilihan untuk menurunkan berat badan, beberapa peneliti percaya bahwa oolong – teh Cina yang berada di antara hijau dan hitam lebih ampuh untuk menurunkan berat badan.

3. Teh hitam

Satu studi menemukan bahwa selama tiga bulan, mereka yang minum tiga cangkir teh hitam per hari mengalami kenaikan berat badan yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang ‘mengecil; dibandingkan dengan mereka yang minum minuman berkafein yang tidak mengandung flavonoid dalam teh. Teh ini juga populer sebagai teh untuk turunkan berat badan.

4. Teh mint

Beberapa orang percaya menyesap secangkir teh mint dapat mencegah mengidam makanan.

5. Teh rooibos

Rooibos adalah tanaman yang ditanam di Afrika Selatan yang dapat diseduh menjadi secangkir teh yang lezat dan bebas kafein. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh rooibos dapat membantu pembakaran lemak. Hanya saja, masih butuh banyak penelitian untuk memastikan efeknya.

6. Teh putih

Teh putih adalah salah satu varietas yang paling sedikit diproses – daun tanaman teh dipetik sebelum mekar sepenuhnya. Daun ini dikeringkan dengan cepat untuk mencegahnya dari oksidasi. Proses ini memberi teh rasa yang sangat lembut yang masih dikemas dengan polifenol penghilang lemak. “Teh putih kaya akan antioksidan, meningkatkan metabolisme dan membantu memecah sel lemak,” ucapnya.

7. Teh Pu erh

Pu-erh adalah teh hitam yang berasal dari provinsi Yunnan di Cina; itu sudah tua dan difermentasi dan dapat dibeli baik ditekan menjadi kue atau sebagai daun lepas.

Satu studi dengan pria yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa minum secangkir teh pu-erh setiap hari dapat menyebabkan penurunan berat badan. Pu erh juga menjadi salah satu varian teh untuk turunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *