TBM Lamtiur Diresmikan Bupati Samosir

oleh -4 views

Samosir | Kontroversinews.-Guna giatkan dan membangun budaya baca di kabupaten Samosir, Organisasi marga Malau Kabupaten Samosir Sumatera Utara, membangun Taman Baca Masyarakat (TBM) LAMTIUR, dan diresmikan oleh Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM, pada Sabtu (24/2) di Huta Lumban Malau, Kelurahan Siogung Ogung, kecamatan Pangururan Samosir.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, sangat apresiasi dengan berdirinya TBM ‘Lamtiur’, dan arti Lamtiur itu semakin terang, ujar Bupati.

Ditambahkannya, Kalau boleh, disekitar TBM dibangun Home steak, karena kampung ini sebentar lagi akan menjadi objek wisata, apa lagi proyek Alur Tani Ponggol, hari senin ini tanggal 26, akan dilaksanakan peletakan batu pertama pengerjaan proyek pembangunan tano ponggol. Yang penting bersih, baik itu kamarnya, kamar mandinya, maupun pekarangannya, ajaknya. “Lima juta rupiah, saya bantu TBM ‘Lamtiur’, untuk menyemangati TBM ini”, ungkap Bupati..

Ditempat yang sama, Pengurus Organisasi marga Malau kabupaten Samosir, ucapkan berterimah kasih dengan hadirnya Bupati Samosir beserta rombongan di peresmian TBM yang dibangun oleh Marga Malau di Huta Malau Batu Gajah, ucapnya.

Dijelaskannya, TBM ini ada diprakarsai oleh Pak Kajari Samosir (Edward Malau SH.MH), untuk menumbuhkembangkan minat membaca, serta wadah untuk membantu pemerintah kabupaten Samosir mencerdaskan kehidupan masyarakat, khususnya bagi keturunan marga Malau, dan sekaligus tempat pertemuan keturunan anak-anak marga Malau, boru/bere dan ibebere, ujarnya.

Semoga fasilitas penunjang pendidikan seperti TBM Lamtiur ini kelak dapat dimanfaatkan sebagai wadah belajar dan pemberdayaan bagi semua lapiasan masyarakat Samosir, Tapi semangat awal kami memang ingin memajukan dan menumbuhsuburkan budaya baca pada masyarakat Samosir, harapnya.

TBM ‘LAMTIUR’ ini sudah memiliki badan hukum, dan struktur keorganisasian nya jelas, dan serta saat ini memiliki 300 jenis judul buku, yang semuanya merupakan sumbangan dari organisasi marga Malau, baik yang ada di kabupaten Samosir, namun lebih banyak bantuan dari para perantau, dan kesemuanya merupakan buku bekas, terangnya.

Ditambahkannya, bila TBM ini sukses dan maju, maka kita akan bangun PAUD dan sarana olah raga, pungkasnya.

Turut hadir dalam peresmian TBM ‘Lamtiur’ Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM, beserta seluruh SKPD KABUPATEN Smosir, anak perantau dan tokoh masyarakat Huta Malau. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *