3 Modus Penipuan Pengangkatan PNS, Waspada

oleh -7 views
Ilustrasi PNS

Kontroversinews.com – Saat ini sangat banyak  sengan berbagai modus untuk melakukan penipuan pengangkatan ASN (Aparatur Sipil Negara) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Oleh karena itu BKN akhirnya berbagi informasi dari akun Instagramnya @bkngoidofficial. Dengan sebuah Video berisi informasi mengenai ciri-ciri untuk mengenal modus penipuan CPNS.

Berikut ini beberapa modus penipuan yang menjanjikan kelulusan hingga pengangkatan menjadi ASN.

Jadi PNS Tanpa Seleksi

Salah satu modus yang populer ada oknum yang menjanjikan pengangkatan CPNS hingga PPPK tanpa melewati proses seleksi.

Dalam unggahan videonya BKN menegaskan, “Yang namanya jadi ASN (CPNS & PPPK) harus lewat seleksi yang diumumkan resmi oleh Pemerintah.”

Minta Tarif

Setelah menjanjikan pengangkatan PNS tanpa seleksi, oknum tersebut akan meminta tarif untuk memprosesnya.

Padahal segala proses seleksi ASN ini tidak dipungut biaya sepeser pun. “Proses seleksi CPNS & PPPK tidak dipungut tarif atau biaya masuk apa pun,” tegas BKN.

SK Palsu

Memberikan SK palsu kepada pendaftar ASN, agar pendaftar tersebut percaya dan yakin, tidak tanggung-tanggung banyak oknum akan mencatut nama instansi Pemerintah.

Dari ciri-ciri tersebut, para peserta CASN, baik CPNS maupun PPPK, diharapkan selalu berhati-hati. Jangan mudah percaya kepada oknum yang menjanjikan pengangkatan PNS dengan cara yang kilat.

“Yuk edukasi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kalian agar mengenali ciri-ciri motif tindak penipuan pengangkatan jd ASN,” pesan BKN.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *