Tips Memulai Usaha Untuk Pemula Hadapi Pandemi

oleh -4 views
ilustrasi tips usaha untuk pemula. (Ilustrasi: Shutterstock)

Kontroversinews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pelaku usaha khususnya di sektor ekonomi kreatif dapat menghadirkan konten kreatif di pandemi yang saat ini sedang dihadapi oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Bagi Anda yang sebelumnya belum pernah terjun ke dunia bisnis jangan takut untuk memulai. Berikut tips memulai usaha bagi pemula saat pandemi:

1. Memulai Bisnis Berdasarkan Passion

Mengetahui passion Anda dalam dunia bisnis dan apa yang kamu sukai. Bila berangkat dari usaha yang Anda senangi, pasti usaha yang dijalani akan terasa lebih mudah.

Misalnya di bidang kuliner. Maka Anda harus mencari tahu lebih detail lagi seputar rendang, mulai dari belajar membuat rendang siap saji hingga strategi pemasaran yang efektif secara online #DiRumahAja.

2. Fokus dengan Satu Bisnis di Awal

Memiliki beberapa bidang usaha pada saat awal merintis, fokus dulu di satu bisnis. Apalagi di usia muda, Anda akan lebih gampang memahami mengenai perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Pengalaman dan ilmu dari sebuah bisnis awal akan jadi bekal anda nantinya.

3. Bisnis dengan Modal Ringan

Menyesuaikan mana yang sekiranya masuk dengan anggaran modal awal.

Tidak perlu modal besar, yang penting anda harus menghasilkan keuntungan meski nilainya masih sedikit.

Setelah ada prospek yang menguntungkan, Anda perlahan bisa menambah aset untuk mengembangkan bisnis.

4. Jeli Melihat Peluang

Pertimbangkan untuk menawarkan produk/jasa yang masih banyak dicari orang meski situasi pandemi. Terlebih produk yang Anda tawarkan dibuat lebih ekslusif, sehingga membuat orang semakin tertarik #BeliKreatifLokal.

5. Gunakan Media Sosial

Manfaatkan semaksimal mungkin media sosial dan berbagai kanal e-commerce atau marketplace untuk memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan.

Jangan malu untuk mempromosikan bisnis di akun media sosial pribadi Anda.

Mengutip dari oOkezone, untuk mendapatkan banyak inspirasi seputar destinasi wisata selama #DirumahAja, Anda bisa follow juga akun Instagram @pesonaid_travel.***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *