Posterling Kabupaten Bandung Raih Top 45 Pelayanan Publik se-Indonesia

Sekertaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana memegang piagam penghargaan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2022).

JAKARTA
Kontroversinews.com – Pos Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan dan Ternak Keliling (Posterling) meraih Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) RI.

Penghargaan tersebut diterima langsung Sekda (Sekretaris Daerah) Kabupaten Bandung, Cakra Amiyana dari Menteri PAN RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI, Abdullah Azwar Anas.

Sekda Cakra Amiyana menjelaskan, inovasi dari Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung tersebut berfungsi untuk mempermudah petugas dalam melakukan controling dan monitoring keberhasilan penanganan penyakit hewan di Kabupaten Bandung.

Atas capaian tersebut, sekda mengapresiasi dan berterimakasih kepada jajaran Distan Kabupaten Bandung yang terus berinovasi dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah Kabupaten Bandung kembali mendapat penghargaan dari pemerintah pusat. Saya sangat mengapresiasi atas kerja keras perangkat daerah untuk terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” ucapnya saat menghadiri acara Pemberian Anugerah Pelayanan Publik, Penyerahan Simbolis Hasil Pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah, AKIP, dan Penganugerahan Zona Integritas 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2022).

Melalui inovasi Posterling, dirinya berharap keberadaan pusat kesehatan hewan (puskeswan) dapat dikenal oleh peternak dan masyarakat di Kabupaten Bandung. Dengan begitu, kasus atau kejadian penyakit pada hewan dapat langsung tertangani. Sehingga populasi, produksi dan produktivitas hewan ternak di Kabupaten Bandung dapat meningkat.

“Selain itu, Posterling juga dapat mempermudah masyarakat atau peternak dalam memperoleh akses layanan kesehatan hewan, seperti pemeriksaan kesehatan, konsultasi, pengobatan dan pemberian vitamin serta vaksinasi secara gratis,” jelasnya.

Tak hanya memberikan pelayanan kesehatan pada hewan, Cakra juga berharap, kehadiran Posterling dapat berdampak terhadap terwujudnya visi Kabupaten Bandung BEDAS.

“Melalui inovasi ini, kami juga berharap akan terbangun komitmen bersama khususnya dalam mendukung visi pembangunan daerah yaitu terwujudnya Kabupaten Bandung yang bangkit, edukatif, dinamis, agamis dan sejahtera,” harap sekda.

Sementara itu, dalam siaran persnya, Kementerian PAN RB disebutkan, penganugerahan pelayanan publik serta hasil evaluasi SAKIP, RB, dan ZI ini merupakan apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah memberikan upaya terbaiknya dalam mengelola birokrasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain itu juga memberikan motivasi kepada instansi untuk selalu berbenah melakukan reformasi birokrasi yang berdampak nyata bagi masyarakat.

Penganugerahan pelayanan publik akan diberikan atas hasil evaluasi kinerja unit penyelenggara pelayanan publik (UPP), penyedia sarana dan prasarana ramah kelompok rentan, serta Top Terpuji 45 inovasi pelayanan publik dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022. Dalam kesempatan ini, juga akan diberikan penganugerahan untuk pembina pelayanan publik terbaik.

Sedangkan, penganugerahan RB diberikan atas hasil evaluasi SAKIP, RB, serta Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Penyerahan piagam SAKIP dan RB diberikan kepada instansi pemerintah daerah yang telah berhasil meraih predikat A dan BB di tahun 2022 ini. Sementara ZI akan diwakili 18 unit kerja.

 

Lily Setiadarma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *