Hati- hat, Perhatikan Hal ini Sebelum Beli Tanah di Sentul

oleh -5 views
ilustrasi beli tanah di sentul

SENTUL (Kontroversinews.com) – Konflik kepemilikan lahan di beberapa lokasi strategis kini mulai naik ke permukaan. Salah satu adalah saling klaim kepemilikan tanah antara pengamat politik Rocky Gerung dan pengembang Sentul City.

Keduanya mengklaim tanah yang berada di Desa Bojong Koneng, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kini beberapa tanah di sana terindikasi bermasalah karena berdiri di atas Hak Guna Bangunan (HGB) pihak lainnya. Hal itu diduga karena sebelumnya mereka lebih dahulu berurusan dengan biong maupun makelar yang salah.

Ahli Hukum Pertanahan Eddy Leks mengingatkan agar masyarakat mengetahui latar belakang dari tanah yang akan dibeli. Prinsip itu berlaku di semua wilayah di Indonesia, bukan terbatas di Sentul. Adapun latar belakangnya mulai dari siapa pemilik tanah, di mana letak tanahnya, hingga apa bukti kepemilikan tanah yang dimilikinya.

Penting untuk mengetahui apakah tanah sudah bersertipikat atau belum. Prosedur pembelian tanah sudah jelas dari sisi hukum, yaitu sertipikat tanah perlu dicek di kantor pertanahan untuk memastikan informasi di sertipikat sesuai dengan informasi yang ada di buku tanah pada kantor pertanahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *