Mensos Akui Ada Keterbatasan Anggaran dalam Pelaksanaan Program untuk Penyandang Disabilitas

Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menghadiri launching program Indonesia Mendengar di Baleendah Kabupaten Bandung.

KAB. BANDUNG Kontroversinews.com Kunjungi Kabupaten Bandung, Menteri Sosial Tri Rismaharini melaunching program Indonesia Mendengar. Dalam kegiatan tersebut, Mensos memberikan sejumlah bantuan kepada penyandang disabilitas rungu wicara diantaranya alat bantu dengar, handphone bicara atau ponsel pintar dengan aplikasi transkrip instan, tablet dan laptop bicara dengan aplikasi jaws, serta pluit. Selain itu ada juga bantuan aksesibilitas lainnya sebanyak 456. Total bantuan aksesibilitas bagi 718 penerima manfaat.

Risma mengungkapkan program Indonesia Mendengar merupakan inovasi dalam rangka membantu penyandang disabilitas agar bisa memaksimalkan perannya. Risma berharap para penyandang disabilitas bisa lebih berdaya dan tidak bergantung kepada orang lain. Dan dapat memperoleh akses untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahterannya.

“Kita mengkondisikan anggaran itu untuk bisa digunakan pembuatan alat-alat bantu untuk disabilitas. Terutama untuk anak-anak yang tuna rungu dan juga lansia, kita bantu dengan alat bantu dengar. Lalu ada handphone yang bisa menerjemahkan dari suara langsung ke tulisan,” ujar Risma usia kegiatan launching Indonesia Mendengar di Baleendah, Sabtu (8/1).

Program Indonesia Mendengar, ungkap Risma, akan digelar di seluruh Indonesia. Oleh karenanya, sudah disiapkan 34 ribu alat berbagai jenis untuk para penyandang disabilitas. Diakui Risma, ada sejumlah kendala dalam pelaksanaan program tersebut diantaranya anggaran yang terbatas dan juga adanya kesulitan dalam mencari penerima manfaat.

“Kita berharap 28 juta itu bisa kita penuhi, cuman kan memang ada keterbatasan anggaran, kadang juga kita harus cari penerima manfaatnya, karena mereka selama ini cenderung pasrah,” ungkap Risma.

“Secepatnya kalau secepatnya (target), saya percaya kalau ini bisa maksimal mungkin, maka pemerintah juga akan memberikan perhatian lebih kemudian tidak ada ketergantungan lagi,” sambungnya.

Selain Indonesia Mendengar, kedepan juga akan ada program Indonesia Melihat dan Indonesia Melangkah. Pada kesempatan yang sama, Menteri Sosial juga menyerahkan bantuan sebesar Rp257.512.973 bagi penyandang disabilitas di kab. Bandung Barat dan Rp245.512.200 bagi penyandang disabilitas di kab. Bandung. Sehingga total bantuan yang diserahkan pada kegiatan hari ini sebesar Rp503.025.173 yang diberikan melalui Balai Abiyoso Cimahi dan Balai Wiyata Guna Bandung. Lily Setiadarma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *