Menhub RI Budi Karya Sumadi Kunker ke Danau Toba

oleh -163 Dilihat
oleh

Samosir | Kontroversinews.-Menhub Tabur Bunga Bersama Keluarga Korban Gelar Rampcheck Kapal Penyeberangan.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melakukan kunjunga kerja ke wilayah Danau Toba dalam rangka melakukan pengecekan SOP keselamatan pelayaran di Danau Toba, Kamis 5/7/18. Menteri Perhubungan didampingi Kapolda Sumatera Utara Irjen. Paulus Waterpauw, Dirjen Perhubungan Darat, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Simalungun JR. Saragaih dan Bupati Tobasa Darwin Siagian.

Setelah melakukan tabur bunga di lokasi tempat tenggelamnya Kapal KM. Sinar Bangun, Menhub melakukan Rampcheck Kapal penyeberangan dan melakukan sosialisasi standar keselamatan pelayaran. Semua penumpang di registrasi dengan membuat manifes, mengumumkan aturan-aturan yang harus dilaksanakan selama pelayaran dan memakai life jacket (jacket pelampung). Menteri Perhubungan menyampaikan kepada Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Bupati Simalungun untuk betul-betul serius memperbaiki SOP sehingga tercipta pelayaran yang nyaman dan aman.

Dalam pernyataan Menteri Perhubungan menyampaikan tujuan kedatangan ke Danau Toba untuk memastikan perbaikan SOP sudah berjalan dengan baik, sedang dilakukan pendidikan kepada 100 calon pegawai pelabuhan, melakukan ramp check terhadap salah satu kapal kayu, Pemerintah pusat akan turut melakukan pengawasan kepada pelayaran di Danau Toba, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah memberikan beberapa rekomendasi yang harus dilaksanakan seperti memperbaiki konstruksi kapal 3 geladak harus menjadi 2 geladak(tingkat).

Akan diturunkan BKI (Biro Klasifikasi Indonesia ) untuk melakukan evaluasi terhadap kapal-kapal yang ada, akan ditentukan berapa kapasitas kapal, berapa kendaraan yang bisa diangkut bila dijinkan. Kita akan memperbaiki di level operasional dan juga di struktur organisasi di Kementerian Perhubungan sehingga lebih maksimal melaksanakan pengawasan akan dikoordinasikan dengan Kemenpan dan Kemendagri. Langkah kongkrit yang dilakukan adalah membangun prasarana dengan memperbaiki pelabuhan serta melakukan penambahan armada kita sudah rencanakan penambahan kapal ferry jenis Roro sebanyak 4 unit, dan yang terakhir kita melaksanakan SOP yang baik kita bias melaksanakan jika SDM nya cukup makanya sekarang kita menyekolahkan 100 orang yang akan bertugas di pelabuhan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Samosir menyampaikan bahwa mulai, Jumat 6/7/18, pelabuhan Simanindo akan dibuka kembali ferry KMP Sumut I dan KMP Sumut II beserta Kapal Kayu akan beroperasi kembali, besok di Pelabuhan Simanindo sebelum pelaksanaan pelayaran akan dilakukan acara singkat berupa Doa dari para pemuka agama untuk memberi keselamatan pelayaran di Danau Toba.(ps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *