Kepercayaan Masyarakat Meningkat, FK-PKBM Gelar Buka Puasa Bersama

oleh -104 Dilihat

Kab BANDUNG (Kontroversinews).- Forum Komunikasi (FK) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kabupaten Bandung mengelar buka puasa bersama para ketua PKBM, Operator dan Tutor Tim Penyusun Soal, di Gedung SKB Baleendah Kabupaten Badung, Selasa (26/3/2024).

Ketua FK-PKBM Kabupaten Bandung, H. Furqon Nulhakim, S.Ag., M.Pd., mengatakan di bulan Ramadhan 1445 H ini FK- PKBM menggelar kegiatan tausyiah Ramadhan, dilanjutkan dengan buka puasa bersama, yang diikuti 150 ketua PKBM, Operator dan Tutor Tim Penyusun Soal.

“Tujuannya untuk memantapkan pembinaan kerohanian. Jadi bidang kerohanian menyelenggarakan kegiatan tausyiah sekaligus buka bersama. Tausyiah diisi oleh Ustadz Effendy dari Pangalengan,” kata Furqon kepada Wartaparahyangan.com.

Furqon menyebutkan, saat ini kepercayaan masyarakat kepada lembaga PKBM, sangat baik. “Alhamdulillah, keberadaan PKBM semakin dipercaya masyarakat, karena kegiatannya banyak dan lulusannya juga diakui,” katanya.

Menurut Furqon, PKBM sudah meningkat sekarang. Peningkatan kegiatan PKBM ini terutama memang pesertanya juga meningkat. Bahkan kelihatannya ada masyarakat yang beranggapan lebih baik memilih PKBM karena bisa sambil kerja. Kalau di lembaga pendidikan formal, tidak bisa sambil kerja.

“Warga Belajar yang masih usia sekolah terkadang lebih memilih ke PKBM sekarang, karena kegiatan PKBM waktunya bisa kapan saja, tidak seperti di pendidikan formal, yang kegiatan belajarnya sudah terjadwal,” katanya.

Furqon juga menyebutkan, saat ini lembaga PKBM yang tergabung di FK-PKBM Kabupaten Bandung tercatat 70 lembaga PKBM yang sudah terakreditasi, tersebar di 31 kecamatan se Kabupaten Bandung.

Sementara itu, Ketua Divisi Litbang FK-PKBM Kabupaten Bandung, H. Enjang Rohimat, S.Ag., MM, menjelaskan salah satu hikmah dari kegiatan tersebut yakni terjalinnya silaturahmi dan hubungan yang semakin erat antar sesama, baik dalam lingkup keluarga besar FK-PKBM, teman, maupun masyarakat.

“Dengan menjalin silaturahmi di bulan suci Ramadhan ini, mudah-mudahan kita dapat saling mendukung, menguatkan, dan membantu satu organ dengan organ yang lainnya dalam kebaikan,” ujar Enjang Rohimat yang juga Ketua PKBM Al Firdaus Pasirjambu.

Selain itu, lanjut Enjang, silaturahmi FK-PKBM ini juga dapat memperluas jaringan pendidikan dan sosial, serta bisa membuka peluang-peluang baru dalam mengangkat harkat derajat warga belajar setelah mengikuti proses pembelajaran dan dinyatakan lulus dan mendapatkan ijazah.

“Dengan acara buka puasa bersama semoga pula terjalinnya silaturahmi yang baik, tercipta lingkungan harmonis dan penuh kasih sayang antar insan PKBM dan para stakeholder di Disdik Kabupaten Bandung, khususnya bidang non formal,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *