Ismawato: Target Desa Mandiri Bukan Hal Mustahil

oleh
oleh

PASIRJAMBU | Kontroversinews – Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, ditargetkan akan menjadi desa yang mandiri ke depannya. Meski pada dasarnya, status Desa Tenjolaya saat ini masih menjadi desa berkembang.

Kepala Desa Tenjolaya terpilih, Ismawato Somatri mengatakan, pihaknya akan terus menggenjot potensi-potensi di desanya agar Desa Tenjolaya menjadi desa yang mandiri dan berdaya saing.

“Target di tahun 2020 kami ingin Desa Tenjolaya menjadi desa mandiri. Itu prioritas utama kami,” kata Ismawato di Aula Desa Tenjolaya seusai serah terima jabatan kepala desa lama Asep Suryatna, Senin (9/12/2019)

Menurut dia, Pemerintah Desa Tenjolaya memiliki banyak inovasi dan kreasi. Sehingga, untuk mewujudkan desa yang mandiri, kata dia, dinilai bukan hal yang mustahil.

Dikatakan Ismawato, saat ini Desa Tenjolaya ditangkup kepemimpinannya tengah menjalanka program RAKSA (rumah, air, kakus, sampah, dan alam).

“RAKSA kini sedang dikembangkan. Program ini salah satu prioritas desa agar Desa Tenjolaya bisa menjadi desa mandiri,” kata dia.

Terlebih, ujar dia, Desa Tenjolaya memang menjadi salah satu desa di Pasirjambu yanh rawan air bersih di musim kemarau. Dengan hadirnya program RAKSA, maka ke depan, masyarakat Desa Tenjolaya tak perlu khawatir akan kekurangan air bersih di musim kemarau.

“Dari 22 RW dan 4 dusun. Yabg rawan air bersih itu ada di dusun 2 dan 3. Di sana ada 11 RW,” ucap dia.

Dengan memaksimalkan program RAKSA, kata dia, pihaknya sudah menemukan sumber mata air yang nantinya akan dikelola untuk keperluan masyarakat desa.

“Ini bentuk pelayanan pemerintah desa kepada masyarakat. Tentu kalau masyarakat sejahtera, Desa Tenjolaya bisa menjadi mandiri,” ucapnya.

Selain itu, dikatakan Ismawato, Pemerintah Desa Tenjolaya juga tengah menggeliatkan potensi PADes melalui BUMDes. Meski demikian, Ismawato mengklaim jika PADes Tenjolaya cukup besar.

“Nanti kami akan maksimalkan BUMDes untuk semakin mendongkar PADes. Tentu kalau BUMDes maju, masyarakat akan lebih sejahtera. Predikat desa mandiri bisa kami capai di tahun 2020,” katanya.(Lily Setiadarma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *