Ini Tahap yang Dilalui Setelah Lolos Prakerja Gelombang 15

oleh -1 views
(Foto/ Kartu Prakerja/Tim Infografis)

JAKARTA (Kontroversinews.com) – Penerima program Kartu Prakerja gelombang 15 sudah diumumkan, Rabu (24/3/2021) pukul 12.00 WIB. Informasi ini disampaikan Head of Communication Manajemen Pelaksana Prakerja, Louisa Tohutu kepada awak media, Rabu (24/3/2021). “Hasil seleksi gelombang 15 akan diumumkan siang ini, kuotanya 600.000,” kata dia dalam keterangan tertulis. Pendaftar yang dinyatakan lolos, secara bertahap akan diberitahukan secara langsung melalui pesan SMS.

Melansir dari Kompas, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan setelah dinyatakan lulus Kartu Prakerja gelombang 15:

1. Menonton video induksi Dalam penjelasannya, Louisa menyebut peserta yang lolos pertama-tama wajib menonton video induksi dari Prakerja. “Mereka yang lolos harus menonton video tentang Prakerja sebelum bisa membeli pelatihan,” ujar Louisa. Video yang dimaksud adalah 3 video induksi yang ada di dashboard akun Prakerja, tepatnya di menu “Video Edukasi”. Di sana, terdapat 3 video yang harus ditonton hingga selesai dan tidak bisa dilewati.

2. Membeli pelatihan Setelah selesai menonton ketiga video induksi yang ada, Anda akan mendapat nomor Kartu Prakerja dan saldo non tunai sebesar Rp 1.000.000 (tidak dapat diuangkan).

Jika nomor dan saldo sudah ada, Anda bisa melakukan pembelian pelatihan di antara 7 pilihan mitra pelatihan yang tersedia. Pilih lah pelatihan yang diinginkan dan dinilai sesuai dengan kemampuan diri. Anda bisa melakukan pembelian lebih dari satu pelatihan, selama saldo masih mencukupi.

3. Tautkan rekening atau E-wallet Langkah selanjutnya tautkan rekening atau e-Wallet di menu “Sambungkan sekarang”. Tahap ini penting untuk memastikan insentif sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan, dapat dikirimkan kepada Anda. Terdapat 4 pilihan rekening, yakni BNI, Ovo, Link Aja, dan GoPay. Pilih salah satu dan ikuti tahapan yang ada.

4. Ikuti pelatihan Jika sudah, ikuti seluruh tahap pelatihan yang ada hingga selesai dan Anda mendapatkan sertifikat. Jika semua tahap sudah dilakukan, maka insentif pun akan dikirimkan ke rekening atau E-wallet yang sebelumnya telah Anda tautkan.

Cara mengikuti pelatihan

Berikut ini langkah mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja:

  • Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia
  • Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia
  • Anda harus menonton video tentang Kartu Prakerja yang ada di dashboard sebelum membeli pelatihan pertama
  • Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu.

Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut Selelah mengikuti pelatihan, jangan lupa memberikan ulasan dan rating pelatihan. Pemberian rating dan ulasan dilakukan di dashboard Prakerja. ***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *