Ilham Dwiguna Penderita Gizi Buruk, Mohon Perhatian Pemerintah

oleh -152 Dilihat
oleh

SoreangĀ | Kontroversinews.- Ilham Dwiguna Pangestu (19) anak pertama pasangan Dedi Irawan (41) dan Heni Merinda (38) warga Kampung Babakan Desa RT 03 RW 14 Desa Pamekaran Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung hanya bisa terbaring di tempat tidur setiap hari.

Ilham Dwiguna Pangestu (19) mengalami sakit panas hingga kejang kejang sejak usia satu tahun menyebabkan pertumbuhan badannya terhambat.

Sakit panas hingga kejang kejang sejak usia satu tahun menyebabkan pertumbuhan badannya terhambat dan kaku.

Heni Merinda mengatakan, anak pertamanya itu mengalami sakit panas hingga kejang saat usia satu tahun. Sejak itu kondisi kesehatan Ilham terus menurun hingga di usianya yang hampir 20 tahun, namun berat badannya hanya sekitar 19 kilogram saja. Selain itu, meski pandangan mata dan pendengarannya normal, ia tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Jika ada yang diinginkan, Ilham menangis meminta perhatian ibunya.

“Sejak usia satu tahun mulai terlihat ada kelainan, mulanya sakit panas dan kejang kejang dan itu terjadi terus menerus sampai usianya hampir 20 tahun ini. Sebenarnya sejak dulu juga sering dibawa ke dokter, tapi memang enggak intensif karena kami enggak ada biaya. Jadi yah selama ini cuma diobati seadanya dan juga ke pengobatan alternatif saja,”kata ibu lima orang anak ini, Selasa (8/1/2019).

Menurut Heni, setiap hari Ilham hanya bisa berbaring di tempat tidur dan menonton tv di ruang tamu rumah kontrakan mereka. Namun sayangnya, tv satu satunya itu rusak. Sehingga Ilham seringkali menangis dan marah-marah. Untuk makan dan minum serta buang hajat harus dilayani oleh Heni.

“Sehari hari yah cuma berbaring di tempat tidur dan nonton tv saja. Yah sekali kali saya ajak jalan-jalan sambil berjemur pagi pagi pakai kursi roda,” katanya. (Lily Setiadarma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *