Hati-hati, Modus Penipuan Calon CPNS 2021

oleh -140 Dilihat
Ilustrasi penerimaan CPNS. (Foto/AFP)

JAKARTA (Kontroversinews.com) – Pemerintah akan segera membuka pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS pada April 2021. Sebanyak 1,3 juta formasi akan tersedia bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Dilansir dari Instagram resmi Kementerian PANRB @kemenpanrb, Jumat (2/4/2021), seleksi akan menggunakan computer assisted test (CAT). Hal itu bertujuan untuk menutup adanya potensi kecurangan dan praktik calo. Nantinya hasil tes dapat dilakukan secara real time, sehingga akuntabel dan transparan.

“Hati-hati jika ada oknum yang menjanjikan lulus, jangan percaya!,” kata Plt Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Teguh Widjinarko.

Diketahui bersama, memang pada masa rekrutmen CASN ini banyak modus penipuan. Oleh karena itu, Kementerian PAN-RB menghimbau CASN untuk selalu waspada terhadap modus-modus penipuan.

“Kerap kali ada yang menjanjikan kelulusan maupun ada surat bohong yang beredar,” katanya.

Namun hal tersebut dapat dihindari dengan mengecek berita yang beredar dari sumber terpercaya, serta mengkonfirmasi informasi ke Kementerian PANRB/BKN.

Adapun sebagai informasi, jumlah formasi untuk guru PPPK sebanyak 1 juta formasi yang bisa diisi oleh tenaga honorer yang terdaftar dalam Dapodik Kemendikbud, guru honorer eks THK-2, lulusan PPG yang tidak mengajar.

Kemudian, formasi untuk PPPK non guru di Pemerintahan daerah seperti di Provinsi/Kota/Kabupaten dibutuhkan 189.000 formasi. Serta 83 ribu formasi untuk PNS.

Rekrutmen CASN akan diawali bagi sekolah kedinasan. Setelah itu dilanjutkan pembukaan pendaftaran guru PPPK, PPPK non-guru, dan CPNS yang direncanakan pada bulan Mei atau Juni.

“Untuk jadwal pelaksanaannya, saat ini tengah disusun oleh Tim Paselnas CASN 2021. Jadi, persiapkan diri kalian dengan baik dari sekarang dan terus pantau media sosial Kementerian PANRB  untuk mengetahui informasi terkini,” tulis keterangan di Instagram @kemenpanrb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *