H.Adang Peduli Seni Budaya Calung

BANDUNG Kontroversinews.com–¬†Pagelaran Kesenian Calung berlangsung di gedong Sabilulungan Soreang Kab Bandung berikut milangkala Gumasep yang Ke -9 dihadiri para seniman calung dan seniman lainnya dan para pelaku seniman Calung diantaranya Ujang Darso ,H.Yayan Jatnika serta penggiat seniman calung dari keluarga besar legenda Almarhum H.Darso .

H.Adang Sutardi SH Pembina Galura Putra Sunda yang biasa disapa Adang Jaksa mengatakan ,” memang saya sangat peduli terhadap seni tradisional Calung yang sekarang hampir terkikis oleh kemajuan jaman dan peradaban dan bagaimana agar calung tetap menggema di tatar sunda terutama di wilayah Kab Bandung .

Kami disini berupaya agar calung tidak punah makanya dengan pagelaran kesenian Calung berikut milangkala Gumasep yang Ke -9 di gedong Sabilulungan mampu memberikan motivasi dan mengangkat bagi para pelaku seni budaya calung .

Dan dengan pagelaran seni calung merupakan terobosan pertama termasuk terobosan agar kaum milenial mencintai seni budaya calung , tidak hanya berbentuk festival saja tapi bisa digelar pasang giri seni calung sehingga bisa berkibar minimal tingkat nasional hingga bila perlu tingkat internasional .

Seni budaya calung jangan sampai hilang dipermukaan jadi harus dijaga kelestarian takutnya bila tidak di budayakan calung diambil oleh negara lain apalagi lagi hingga di klaim sama negara lain itu sangat disayangkan .

Prinsipnya siapa akan melestarikan seni budaya calung kalau bukan kita orang sunda ,”rempeg panceuk dina jalurna sauyunan dina ngelola seni budaya calung anu memang milik orang sunda ”

Calung maju calung berkembang dan ada pengakuan bahwa Kab Bandung memiliki seni budaya calung yang existensinya masih terus berjalan hingga saat ini diharapkan ada perhatian dari Disparbud Kab Bandung¬† ,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *