Disdik Kabupaten Bandung Gelar Lomba Calistung Tingkat SD se-Kabupaten Bandung

oleh -4 views

Kab Bandung | Kontroversinews – Guna mengasah potensi dan kemampuan para siswanya, Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung menggelar kegiatan lomba Baca Tulis dan Hitung (Calistung) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Bandung,  yang dipusatkan  di SDN Barutunggul III dan SDN. Barutunggul IV desa Alamendah Kec. Rancabali,  Rabu (21/2).

Pembukaan acara tersebut langsung oleh Kepala Bidang Sekolah Dasar Disdik Kab. Bandung Drs. H. Maman Sudrajat MPd, dan dihadiri Kadisdik Kab. Bandung, Para Kepala UPT TK,SD dan Non formal, Para pengawas,  para Kepala sekolah,  guru- guru pendamping.

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung DR. H. Juhana MM. Pd,  yang diwakili Kabid   Sekolah dasar (SD)  Disdik Kab. Bandung Drs. H. Maman Sudrajat MPd,   mengatakan, lomba yang diikuti sebanyak 93 peserta atau sebanyak Tiga siswa perwakilan dari Kecamatan se Kab. Bandung bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta didik.”

Drs. H. Maman Sudrajat MM. Pd.

Mengembangkan dan memasyarakatkan model pembelajaran bahasa sastra, aksara dan seni sebagai upaya memotivasi belajar siswa dan pembinaan mental, spritual dan pembinaan karakter,” kata H. Maman

Bukan hanya itu,  pelombaan Calistung di tingkat Kabupaten Bandung ini masih terus di pertahankan meskipun tidak dilombakan di tingkat Provinsi maupun Nasional, dengan di gelar lomba calistung  untuk kelas I, II dan III,  akan mengasah kemampuan kopetensi siswa sejak kelas awal dan naik kekelas lebih ringgi serta menjadi motipasi bagi para guru untuk lebih meningkatkan prestasi siswa didiknya.

Lomba calistung  untuk di Kabupaten Bandung disambut antusias diharapkan dapat mendongkrak kompetensi peserta didik terutama dalam membaca, menulis dan menghitung. “Jadi perlombaan ini untuk meningkatkan mutu pendidikan,” Jelasnya

Ketua Panitia Acara yang juga Kasi Kurikulum SD Disdik Kab. Bandung , Dra. Hj. Aas Siti Asyidah MM. Pd disela – sela kegiatan   mengatakan, lomba calistung sengaja diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat Sekolah Dasar( SD)

Para Kepala UPT TK, SD dan Non formal dan para Kepala sekolah saat menghadiri lomba Calistung tingkat Kabupaten Bandung

Menurutnya, membaca menulis dan menghitung merupakan ilmu/ keahlian dasar siswa SD. Selain itu, calistung juga merupakan program akademik untuk menciptakan siswa-siswa berkualitas.

Hj. Aas  menambahkan, lomba calistung mengacu pada standar isi dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. Sementara itu, kompetensi lomba calistung yakni siswa dapat menulis dengan menggunakan hurup tegak bersambung dalam bentuk naskah yang dikembangkan dengan bentuk cerita atau bukan bentuk cerita.

Sedangkan untuk lomba menulis (dikte), materinya mengacu pada hafalan juga pemahaman kosakata. (Lily Setiadarma).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *