Bupati Bandung Dadang Supriatna: Optimis Pasar Rakyat Bisa Eksis dan Bersaing dengan Pasar Modern

Bupati Bandung HM. Dadamg Supriatna dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meresmikan Pasar Rakyat Jabar Juara, di Baleendah , Jumat ( 15/4/2022)

BALEENDAH Kontroversinews.com – Bupati Bandung Dadang Supriatna bersama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan Pasar Rakyat Jabar Juara di Pasar Baleendah, Jumat (15/4/2022).

Dengan karakteristik khas, dirinya optimis pasar rakyat di Kabupaten Bandung akan tetap eksis dan mampu bersaing dengan pasar modern.

“Berbeda dengan pasar modern, pasar rakyat memiliki keunggulan yaitu interaksi yang intensif antara pedagang dan pembeli, belum lagi tradisi tawar menawarnya. Ini karakteristik yang tidak boleh dihilangkan,” ucap bupati.

Menurutnya, keberadaan pasar rakyat bukan semata-mata urusan ekonomi, namun lebih jauh mencakup isu ruang dan relasi sosial, warisan dan ranah budaya, sekaligus peradaban dan nilai histori yang sudah melekat sejak lama.

“Tak hanya sebagai pondasi perekonomian nasional, pasar juga merupakan salah satu jantung perekonomian masyarakat. Kedudukannya pun masih tetap penting dan sudah melekat dalam kehidupan masyarakat kita,” imbuh bupati yang akrab disapa Kang DS itu.

Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus berupaya meningkatkan kualitas pasar rakyat, diantaranya dengan menciptakan pasar yang bersih, sehat, nyaman dan ramah lingkungan.

“Pasar rakyat yang ingin kami kembangkan adalah pasar yang mampu menyediakan kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau, tempatnya yang bersih dan rapih juga dikelola secara profesional,” terangnya.

Dirinya berharap, Pasar Rakyat Jabar Juara di Baleendah ini bisa menjadi percontohan bagi pasar rakyat di Kabupaten Bandung.

“Pasar juga harus mampu mengakomodir para pelaku UMKM unggulan di Kabupaten Bandung,” harapnya

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjelaskan, hingga saat ini pihaknya telah membangun lebih dari 13 pasar rakyat di Jabar.

“Kami telah melaksanakan revitalisasi tahap dua Pasar Baleendah. Selain membangun kembali sejumlah pasar, kedepannya program ini juga akan kami kombinasikan dengan pasar yang direvitalisasi oleh pa bupati,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bandung yang terus berinovasi dalam melaksanakan vaksinasi.

“Kami sangat mengapresiasi atas peningkatan capaian vaksinasi, diantaranya dengan inovasi ngabuburit sambil divaksin dan vaksinasi ba’da tarawih,” kata Gubernur Jabar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *