Budi Arie Berkunjung ke Desa Siantar Sitiotio, Ajak Perantau Toba Turut Bangun Desanya

oleh -11 views
Wakil Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi didampingi Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Perdesaan, Senin (5/4/21).(Foto/instagram@budiariesetiadi|)

TOBA (Kontroversinews.com) – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi pada Senin (5/4) mengunjungi Desa Siantar Sitiotio, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Dalam kunjungan ini, Wamen Budi Arie melihat adanya potensi alam yang luar biasa di desa ini yang bisa dimanfaatkan. Sehingga, sudah selayaknya Desa Siantar Sitiotio yang sudah ditetapkan sebagai desa wisata oleh Pemerintah Kabupaten Toba ini didukung dalam hal pengembangan desa wisata.

Apalagi, diketahuinya bahwa sejumlah perantau yang menetap di Jakarta dinilai telah menjadi sukses dan berkeinginan kuat untuk membangun desanya.

“Keinginan luar biasa bagi para perantau yang ingin membangun desanya agar lebih maju harus kita dukung, apalagi, di support juga oleh para pemuda-pemudanya,” katanya dilansir dari laman Era.id.

Oleh karena itu, Wamen menyerukan kepada seluruh perantau khususnya yang sudah sukses dari Kabupaten Toba untuk turut membangun desa seperti yang telah dilakukan oleh perantau dari Desa Siantar Sitiotio.

“Seorang perantau yang punya keinginan membangun kampungnya ini hebat, apalagi, kalau ada 231 desa di Toba yang memiliki perantau membangun desanya, saya yakin Toba akan maju mengalahkan kabupaten lain.

Lebih lanjut, Wamen Budi Arie menilai bahwa kunci majunya pembangunan desa ada 3 yakni pertama masih banyak anak mudanya didesa, kedua SDM harus kreatif dan inovatif dan ketiga partisipasi masyarakat.

“Kita ingin masyarakat aktif dan berperan serta dalam membangun desanya seperti para perantau yang juga bagian dari masyarakat. Jadi, masyarakat jangan hanya jadi penonton,” katanya.

Mengenai bentuk dukungan dalam mengembangkan desa wisata, Wamen Budi Arie mengatakan bahwa Kemendes akan memberikan dukungan terhadap lima desa yang ada di Kabupaten Toba untuk membantu dalam hal sarana dan prasarana pengembangan desa wisata.

“Harus kita dukung. Apalagi, Danau Toba menjadi salah satu destinasi super prioritas yang sudah seharusnya desa-desa disekitarnya bisa menjadi penunjangnya,” katanya.

Dalam kunjungan ini, Wamen Budi Arie melakukan penandatangan prasasti pencanangan desa wisata Siantar Sitiotio bersama ketua yayasan AEK Sitiotio Nauli, Karev Marpaung.

Yayasan AEK Sitiotio Nauli merupakan salah satu wadah bagi para perantau asal Desa Siantar Sitiotio yang menetap di Jakarta.

Dalam penandatangan prasasti dihadiri oleh Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Perdesaan dari Ditjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT Sugito dan Bupati Kabupaten Toba Poltak Sitorus.***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *