Atasi Banjir di Medan, Bobby Nasution akan Bangun Kolam Retensi

Wali Kota Medan Bobby Nasution

MEDAN Kontroversinews.com– Wali Kota Medan Bobby Nasution akan membangun kolam retensi untuk mengatasi banjir di Kota Medan.  Bobby mengatakan kolam retensi tersebut akan dijadikan penampungan air sementara sebelum dialirkan ke Sungai. Hal tersebut membuat debit air sungai bisa dikontrol agar tidak melebihi kapasitas.

“Debit air masuk ke sungai yang jadi bahan kemarin. Bagaimana mengatur debit air masuk ke sungai, kalau perlu kita buat kolam retensi, kita buat,” kata Bobby.

Bobby mengaku telah meninjau langsung beberapa lokasi yang bisa dibangun kolam retensi, karena tingginya debit air yang akan disalurkan ke sungai melintasi Kota Medan.

MEngutip pada Jumat (26/11/21) rencana tersebut sudah dikoordinasi dengan instansi terkait khususnya  Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang maupun Dinas Pekerjaan Umum.

“Apakah bisa kami jadikan kolam retensi sebelum airnya masuk ke sungai. Dari drainase kami masukkan sungai dan meluap sama saja. Jadi ditampung dulu airnya di kolam retensi,” kata Bobby.

Sekitar 200 titik drainase terjadi genangan air yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan dengan total drainase sepanjang 5.000 kilometer. “Kalau perbaikan drainase harus dari hulu sampai hilir. Ada sungai kita yang hilirnya bukan di Kota Medan, itu ya. Jadi kami perbaiki drainas, kalau hilirnya nggak diperbaiki, malah tambah banjir,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *